Hubungan Karakteristik Responden dan Switching Barrier dengan Repurchase Intention diruang Rawat Inap RSUD Kota Tanjungpinang

Penulis

  • Liza Wati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang
  • Ernawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang
  • Meily Nirna Sari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

Switching barrier, pelayanan keperawatan, repurchase intention pasien

Abstrak

Pertumbuhan dan perubahan lingkungan eksternal menyebabkan persaingan terhadap mutu pelayanan antar rumah sakit secara global. Meningkatnya sosial ekonomi, pendidikan, perkembangan pola penyakit, teknologi kesehatan, dan trend berobat keluar negeri menjadi peluang sekaligus ancaman bagi rumah sakit dalam mempertahankan pasiennya. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan Karakteristik Responden dan Switching Barrier dengan repurchase intention di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Tanjungpinang Tahun 2015. Desain penelitian korelasional. Sampel 66 responden dengan propporsional random sampling. Alat ukur kuesioner dengan 43 pertanyaan. Analisis data univariat, korelasi  Spearman dan regresi logistik ganda. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi karakteristik responden yaitu jarak (p=0,001), biaya pengobatan (p=0,000) dan pengalaman rawatan (p=0,000) dengan repurchase intention. Terdapat korelasi switching barrier dengan repurchase intention yaitu dimensi Alternative of attractiveness (p=0,001) dan interpersonal relathionship (p=0,000) dimana korelasi yang paling kuat adalah pada dimensi  interpersonal relathionship dengan nilai koefesien korelasi r = 0,500.

Referensi

Ahira, A. (2012) Rumah Sakit - Sejarah dan Jenis-jenis Rumah Sakithttp://www.anneahira.com/r

umah-sakit-20850.htm Andreassen, T. W. and Bodil, L. 1998.

The Impact of Corporate Image on Quality, customer Satisfaction and Loyalty for Customers with Varying degrees of Service Expertise. International Journal of Service Industry Management vol.9 No.1: 7-23.

Azwar, A, (1996), Pengantar Administrasi Kesehatan, Binarupa Aksara,

ArtikelPsikologiKlinisPerkemban

gandanSosial.htm

Cronin, J., Michael G. B. & Thomas M.

(2000). “Assesing The Effects of Quality, Value, and Customer Satisfaction on Con-sumer Behavioral Intentions in Service Envi-ronment”, Journal of Retailing, page 193-218.

Dahlan,M.S. (2009) Statistik untuk kedokteran dan kesehatan : deskriptif, bivariat, dan multivariat, dilengkapi dengan menggunakan SPSS, Jakarta : Salemba Medika.

Destiana. (2006). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. POS INDONESIA (Persero) Kantor Pos Tasikmalaya. Tesis. Tasikmalaya. Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen.

Depkes RI. (2007). Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Nasional Tahun 2007. http://www.litbang.depkes.go.id/.

Dharma, K.K (2011), Metode Penelitian Keperawatan: Panduan Melaksanakan dan menerapkan Hasil Penelitian, Jakarta, TIM

Dharmestha, S dan Hani H., (2008),

Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, BPFE, Yogyakarta

Ferdinand, A. (2006), Metode Penelitian

Jurnal Keperawatan Vol.7 No.1, Januari 2017

Asmuji

Jakarta

(2012). Manajeman

Keperawatan: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta,Ar- Ruzz Media

Baroroh (2010). Bloemer. J., Ko de.R., Pascal .P, (1998). Investigating Drivers of Bank Loyalty: The Complex Relationship Between Image, Service Quality, and

Satisfaction,

InternationalJournal of Bank

Marketing, Vol 16, Issue 7 Date. Borg and Gall. (1989). Educational Research, New York :Pinancing.

Washington: The Word Bank Baloglu, S. (2002). “Dimensions of Customer Loyalty”, European Journal of Marketing, page 1372-

Bungin, H.M. (2009). Metodologi

Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu – Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Penerbit Kencana

Budiastuti. (2002). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Diakses November 2009 darihttp://www.kepuasan-pasien- terhadap-pelayanan rumahsakit «

Mannajemen,

Penerbit: Universitas Semarang .

Edisi Kedua,

Gillies. (1996). Manajemen Keperawatan: Suatu pendekatan sistem. (Edisi 2). Penerjemah: Sukmana, Dika dan Sukmana Widya. Philadelphia: WB Saunders. (Sumber asli diterbitkan 1994)

Badan

Penerbit Diponegoro,

p-ISSN : 2086 - 9703

e-ISSN : 2621 - 7694

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Penerbit Erlangga, Jakarta

Goetsch, D.L & Davis, S, (1994).

Introduction to Total Quality, Quality, Productivity, Competitiveness, Englewood Cliffs, NJ, Prentice Hall International Inc

Guntur, M dan Bambang,S. (2001). Analisis Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PDAM Kota Surakarta Universitas Muhammadiyah. Surakarta

Gunawan.A. ( 2013). Komunikasi Interpersonal dan Fasilitas Kesehatan: Pengaruhnya Terhadap Kepercayaan, Loyalitas dan WOM Rumah Sakit. Jurnal bisnis manajeme.

Gunawan, Ketut. (2009). Kualitas Layanan dan Loyalitas Pasien (Studi pada Rumah Sakit Umum Swasta di Kota Singaraja–Bali). Jurnal ekonomi

Haryono, E, Hari, K. & M. Syafril, N. (2006). Hubungan Persepsi terhadap Kualitas Pelayanan dengan Minat Pemanfaat-an Pelayanan Rawat Inap Puskesmas dan Balai Pengobatan Swasta di Kabupaten Tapanuli Tengah, Working Paper Series No.4, Universitas Gadjah

Mada.

Hasan Ali, (2008), Marketing, cetakan

pertama, Penerbit : Buku Kita,

Yogyakarta

Hutton, J. D and Lynne, R. 1995.

Healthscapes: The Role of Facility and Physical Environment on Consumer Attitudes, Satisfaction, Quality

assessments, and Behaviors.

Health Care Management Review

: 48-60.

Imbalo S. Pohan. (2007). Jaminan Mutu

Layanan Kesehatan. Cetakan I,

Jakarta :EGC

Jacobalis, S (1989). Menjaga Mutu

Pelayanan Rumah Sakit. Citra

Windu Satria, Jakarta

Jackovist, D.S., (1999), Ambulatory

Patient Satisfaction : A

Systematic Approach Collecting and Reporting Information, Journal for Healthcare Quality, November / December

Jane et al. (2011). How satisfaction modifies the strength of the influence of perceived service quality on behavioral intentions. Journal Leadership in Health Services 24.2 : 91-105.

Kotler,P., dan Keller,L., (2008),

Manajemen Pemasaran, edisi ketigabelas, jilid I dan II, terjemahan Hendra Teguh, Penerbit : Prenhalindo, Jakarta

Kotle,P. (2009). Manajemen Pemasara.,Edisi 13. Jakarta :

Erlangga

Kotler, P. (2002). Manajemen

Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Prenhalindo.

Kotler, P. (1994), Marketing Management ; Analysis,

Planning, Implementation

and Control (8th ed),

International Edition, Englewood Cliffs, Prentice Hall, New Jersey.

Kozier, B et. al. (2009). Fundamentals of nursing, concept, process, and practice. New Jersey, U.S.A :

Multi Media.

Jurnal Keperawatan Vol.7 No.1, Januari 2017

to

p-ISSN : 2086 - 9703 659

e-ISSN : 2621 - 7694

Leboeuf, M. (1992). Memenangkan dan Memelihara Pelanggan.Jakarta :

Pustaka Tangga

Lele, M.M, dan Sheth. (1995).

Pelanggan Kunci Keberhasilan.

Jakarta, Mitra Utama .

Leebov, W & Scott, G .(1994). Service Quality Improvement : The Customer Satisfaction Strategy for Health Care. American

Hospital Publishing Inc,USA. Lestari, dkk (2000) Analisa Faktor Penentu Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Pku

Muhammadiyah Bantul

Lim, C.P and Nelson K.H.Tang.2000. A Study of Patients Expectation and Satisfaction in Singapore Hospital International. Journal of Health CareQuality

Assurance 13 No.7: 290-299. Lupiyoadi, R dan A. Hamdani. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta:

Salemba Empat Lovelock, C and Wright, L. (2005).

Principles of Service Marketing and Managemen.

Mardalis.A.( 2005). Meraih Loyalitas

Pelanggan. Jakarta : Balai

Pustaka

Munijaya, I.G.( 2004). Manajemen

Kesehatan. Jakarta : Penerbit

Buku Kedokteran, EGC

M.Zid .(2013). Berobat keluar negeri tetap trend. Kliping Pusat Komunikasi Setjen Kementerian Kesehatan RI. Jakarta : Kompas 7

Maret 2013 edisi pagi hal : 13 Mabow, (2009). Minat Pembeli Dalam

Psikologi

Marquis, B.L. & Huston, C.J. (2010).

Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan: Teori dan Aplikasi. Edisi keempat. Jakarta: EGC.

Nguyen, N and Gaston L. 2002. Contact Personnel, Physical Environment and Perceived Corporate Image of Intangible Services by New Clients. International Journal of Service Industry Management 13:

-262.

Nordby, H (2004); Communicative

challenges for paramedics: language and interpretation; Scand J Trauma Resusc Emerg Med 12; 178-181

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan.edisi 3. Jakarta :

Salemba Medika.

Oliver, R.L. (1998). Whence Customer

Loyalty ?, Journal Of Marketing. http://www.jstor.org/pss/125209 9

ProfilRumahSakitUmumDaerahKota Tanjungpinang Tahun 2013

Profil Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tanjungpinang Tahun 2013

Pavarini, P, S. Sanders & M. Lindsay (2012); Health Care Reform Going Forward: What’s the Impact on Providers? Becker’s

Hospital Review, December. Peters, J. H, (1999). Service Management, Jakarta, Trisakti University

Jakarta

Peters, Thomas J & Waterman, Robert H, 1984, In Search of Excellence : Lessons from America’s Best-Run Companies, New York : Harper & Row, Pub.

Reichheld, F. F. (2001). Loyalty rules !. Harvard Business School Press,

US.

Sangadji,E.M dan Sopiah (2013) perilaku

konsumen pendekatan praktis.

ANDI Yogyakarta

Setiawan, S.( 2011). Loyalitas Pelanggan

Jasa. IPB Press, Bogor.

Sharma, R.D. & Hardeep,C (1999); A Study of Patient Satisfaction in

Jurnal Keperawatan Vol.7 No.1, Januari 2017

p-ISSN : 2086 - 9703

e-ISSN : 2621 - 7694

Outdoor Services of Private Health Care Facilities; Vikalpa, Vol. 24, No. 4, October- December 59-76 Singer et al (2009)

Shamdasani, P.N. & A.A. Balakrisnan (2000); Determinants of Relationship Quality and Loyalty in Personalized Services; Asia Pacific Journal of Management,

(3), 399-422.

Stewart, AL,et al,(2013) AE 12 ISSN:

- 4119 Vol. 1, No. 3; Oktober 2013Journal of Business an Entrepreneurship

Subihaini. 2002. “Analisis Konsekuensi Keperilakuan Kualitas layanan: Suatu Penelitian Empiris.” USAHAWAN No. 02 Thn XXXI

Februari 2002 : 29-37.

Suhanura, A. (2008). Analisis Loyalitas

Pelanggan Poli Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Asri Tahun 2008, Thesis. FKM UI.

Suharno.M. dan Shihab.(2012). Pengaruh Dimensi Reliabilitas, Dimensi Tangibel dan Dimensi Empati Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Kasus:PasienRawatJalanRS MRCCC Siloam Semanggi). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol.10 No.19 Juni 2012 Sulni,dkk, (2013) . Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Loyalitas Pasien Di Puskesmas BarantiKabupatenSidrapTahun 2013. Jurnal fakultas kesehatan masyarakat Universitas

Swansburg. (2000). Pengantar kepemimpinan dan managemen

keperawatan. Jakarta: EGC Sarwono,J (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, (Yogyakarta; Graha Ilmu, 2006,

Hal. 111) – SP

Sabihaini. (2002). “Analisis Konsekuensi

Keperilakuan Kualitas Layanan: Suatu Kajian Empirik”, Usahawan, hal: 29-36.

Tjiptono, F. (1999). Prinsip-prinsip Total Quality Service, Yogyakarta:

Penerbit Andi.

Tjiptono, F.(2001). Perspektif

Manajemen dan Pemasaran Kontemporer, Penerbit Andi, Jogyakarta.

------------------. (2007). Manajemen Jasa. Yogyakarta : Penerbit

ANDI.

Tjiptono,F dan Gregorius,C, (2005),

Service Quality & Satisfaction, edisi pertama, cetakan pertama, Andi, Yogyakarta

Thomas, R.K. (2005). Marketing Health Service. Health Administration

Press, Chicago.

Trarintya,MAP. (2011). Pengaruh

kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan word of mouth( studi kasus pasien rawat jalan di wing amertarsup sanglah denpasar ). Tesis Program Pasca Sarjana universitas udayana denpasar. (Tidak dipublikasikan)

Trisnantoro,L. (2005). Aspek stretegis

Hasanudin

Supramono dan Haryanto.(2003). Desain Ulfa,R.

Proposal Penelitian Studi Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Supriyanto, S dan Ernawaty. (2010).

Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. ANDI, Yogyakarta.

manajemen rumah sakit

(2011). Hubungan Karakteristik Pasien, Kualitas Layanan dan Hambatan Pindah dengan Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Tugu ibu Depok.(tidak dipublikasikan)

Jurnal Keperawatan Vol.7 No.1, Januari 2017

p-ISSN : 2086 - 9703 661

e-ISSN : 2621 - 7694

Westbrook, R.A. (1987), "Product/Consumption-Based

Affective Responses and Post- Purchase Processes," Journal of Marketing Research, 24 (August), pp. 258-270.

Watzlawick, P, J.B. Bavelas & D.D. Jackson (2011); Pragmatics of Human Communication: A study of interactional patterns, pathologies, and paradoxes; jurnal of W.W. Norton &

Company

Winardi. 1991. Marketing dan Perilaku

Konsumen, Penerbit Mandar

Maju, Bandung.

Wloszczak, S, Anna, M.J. Jarost & M.

Goniewicz (2013); Professional communication competences of paramedicspractical and educational perspectives; Annals of Agricultural and Environmental Medicine, Vol 20, No 2, 366–372

Zolnierek, K.B.H. & M.R. Dimatteo (2009); Physician Communication and Patient Adherence to Treatment: A Metaanalysis; Medical Care,

August; 47 (8): 826-834. Zeithaml, V.A., Parasuraman, A., Berry, L.L., (1990), Delivering Quality Service : Balancing Customer Perception and Expectations,

The free press, New york.

Unduhan

Diterbitkan

2018-07-29