Pengaruh Hubungan Pola Makan dengan Status Gizi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Kota Batam

Penulis

  • Mariyana Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.59870/jurkep.v12i1.79

Kata Kunci:

Pola Makan, Status Gizi

Abstrak

Anak dengan kebutuhan khusus termasuk anak yang mengalami hambatan dalam perkembangan prilakunya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola makan dengan status gizi anak berkebutuhan khusus di SLB  Negeri Kota Batam Tahun 2018. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SLB Negeri Kota Batam Tahun 2018, yang terdiri dari 197 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 66 responden, menggunakan metode simple random sampling. Penelitian dilakukan pada bulan September 2018 di SLB Negeri Kota Batam. Hasil penelitian menunjukkan dari 66 responden yang ada pada saat penelitian sebanyak 40 responden (60.6%) memiliki pola makan kurang, dan 30 responden (45.5%) dengan status gizi normal. Hasil uji statistik dilihat dari nilai p-value 0,000 < (α) 0,05, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka disimpulkan pada hasil penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara pola makan dengan status gizi anak berkebutuhan khusus.

Referensi

Ardinasari, dr.Eiyta. 2016. Buku Pintar Mencegah dan Mengobati Penyakit Bayi Dan Anak. Jakarta; Bestari Ariani, Ayu Putri. 2017 Ilmu Gizi. Yogyakarta;

Nuha Medika As, Slamet. 2013.184 Ribu Anak Berkebutuhan Khusus Belum NikmatiPendidikan.(online).https://www.antaranews.com/berita/395235/. Diakses 28 Maret 2018 Azwar, Prof.Dr.Azrul. 2014. Metodologi Penelitian. Tangerang; Binarupa Aksara

EffendiIrma Febriyanti (2014). Pengetahuan Ibu, Pola Asuh Makan Dan Pola Konsumsi Gluten Kasein Pada Anak Autis Di Jakarta Dan Bogor

Kompasiana. 2015. Perkembangan Pendidikan Anak BerkebutuhanKhusus Di Indonesia.(online).http://www.ko mpasiana.com/tanamilmu/. Diakses 25 Maret 2018 Rumengan,

Prof.Dr.Ir.Jemmy . 2015 . Metodologi penelitian kuantitatif. Medan; Perdana Publishing

Rahayu, Sasi (2016). Gambaran Perilaku Picky Eater, Pola Makan Dan Status Gizi Anak Autis Di SLB Negeri Semarang

Mujianti . 2011 . Diet Gluten Free Casein Free di SLB Negeri Jakarta.

Mardi Fitri, D. G. R. K. Z. P. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424

Majidah, U. A., Fatimah, S., & Suyatno. (2017). Hubungan Pola Makan Dengan Status Gizi Anak Autism Spectrum Disorder (Asd) Kelas I – Vi Di Slb Negeri Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5, 768–777.

Supariasa, I Dewi Nyomang. 2002. Penilaian Status Gizi. Jakarta; Kedokteran. EGC Mangunsong,

Freida. 2009. Psikologi Dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus .Jakarta:Bestari

Sigit. 2009. Anak Dengan Kebutuhan Khusus. Medan: Medica Book Dkk,

Supariasa. 2010 Penilaian Status GiziSecara Tidak Langsung. Yogyakarta: Pustakarihana

Soekirman. 2011. Ilmu Gizi dan Kesehatan Gizi. Yogyakarta : Nuha Medika

Almatsier. 2015. Pedoman Umum Gizi Seimbang. Jakarta: Rineke Citra

Khomsan, 2014. Ilmu Gizi Meliputi Frekuensi Makan. Bandung: Cita Pustaka

Moehji, Sjahmien. 2014. Keanekaragaman Makanan Dan Jenis Makanan (dalam Lisnawati. 2013).

Sukaesih. 2010. Pengaturan Makan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Kencana

Notoadmodjo, 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Rineke

Citra Suteji, 2014. Antopometri Penilaian Status Gizi Anak. Medan: Medica Book

Rumengan, Jemmy 2015. Metode Penelitian : Populasi dan Sampel. Medan Perdana Publishing

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-27