Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Stikes Hangtuah Tanjungpinang

Penulis

  • Umu Fadhilah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

Motivasi, belajar bahasa inggris, mahasiswa STIKES hangtuah

Abstrak

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi mahasiswa  sukses dalam belajar bahasa Inggris, salah satunya adalah motivasi. Motivasi adalah salah satu aspek penting yang dibutuhkan oleh mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, penulis meneliti jenis-jenis motivasi dalam belajar bahasa Inggris, dan tingkatan motivasi dalam belajar bahasa Inggris, mahasiswa Stikes HangTuah Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Obyek penelitian adalah 99 Mahasiswa Stikes HangTuah Tanjungpinang. Data penelitian ini dianalisa dengan menggunakan kuesioner dan SPSS 20 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa didapatkan sebanyak  (49,5%) motivasi instrinsik responden rendah, sebanyak (42,4%) motivasi ekstrinsik responden rendah, sebanyak (58,6%) motivasi integritas responden tinggi, dan sebanyak (55,6%) motivasi instrumental responden tinggi. Sedangkan motivasi responden secara keseluruhan didapatkan sebanyak (55,6%) tinggi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa memiliki motivasi integritave dan instrumental yang tinggi akan tetapi memiliki motivasi Instrinsik dan Ekstrinsik yang masih rendah. 

Referensi

Dornyei,Z. 2001. Teaching and Researching Motivation. England.Longman.

Marlina, Lenny. 2007.Motivation and Language Learning: A Case of EFL Students. Jurnal KOLITA. Unika Atma Jaya.

Tileston, D.W.2004. What Every Teacher Should Know about Student Motivation. California: Corwin

Shams, Meenaz. Students’ Attitudes, Motivation and Anxiety towards English Language Learning. Journal of Research and Reflections in Education. December 2008, Vol. 2, No.2, pp 121 -144

http://www.ue.edu.pk/jrre

Bohlin, Roy M, (1987). Motivation in Instructional Design: Comparison of an American and a Soviet Model, Journal of Instructional Development Vol 10 (2) h 11-14.

Suroso, Imam. (2011). Menumbuhkan

Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Kedua. Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora Vol. 11 No. 3.

Stipek, Debora.2002. Motivation to learn integrating theory and practice (Fourth Edition) massachusetts. person education company

Henry Yusuf, 2012 Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Pada Mahasiswa Sastra Inggris UNISMA.

www.ejournalunisma.net/ojs/index.php/makna

Parsons, R., Hinson, S., Brown, D. (2001).

Educational psychology: practitioner – researcher models of teaching. University of Virginia: Wadsworth Thomson Learning

Dörnyei, Z., & Ushioda, E. (Eds.). (2009). Motivation, language identity and the L2 self (Vol. 36). Multilingual Matters.

Ferdinand, A. (2006), Metode Penelitian

Mannajemen, Edisi Kedua, Penerbit: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang .

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan.edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.

Oliver, R.L. (1998). Whence Customer Loyalty ?, Journal Of Marketing. http://www.jstor.org/pss/1252099.

Siriluck Wechsumangkalo and Sirithip Prasertrattanadecho (2002).

Integrative motivation, instrumental motivation, and English achievement among students in the Faculty of Arts. Unpublished master’s thesis, School of Language and Communication. National Institute of Development Administration.

Noto Atmodjo, Soekidjo,2002. Metodologo Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Jayanti, Ni Luh Putri, 2012. Kontribusi Motivasi Belajar dan Strategi Belajar Bahasa terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa Kelas Dua di SMP.

Dwijendra Denpasar

Alfiana, Fauziah. 2013. Motivation in Learning English of First Year Students at Study Program of English Faculty of Cultural Studies, Universitas Brawijaya.

Achmadi Rudhi, 2006, Hubungan Antara Metode Dosen Mengajar Dengan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Jurusan Perhotelan Akademi Pariwisata Indonesia

(AKPINDO) Panorama Nusantara, Vol. 1 No. 1 Juli

Unduhan

Diterbitkan

2018-07-29