Perbedaan Tingkat Kepuasan Klien dan Tingkat Kepatuhan Perawat dalam Pendokumentasian antara Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP) dengan Non MPKP

Penulis

  • Endang Abdullah STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
  • Linda Widiastuti STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
  • Asmeriyanty STIKES Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

MPKP (Modifikasi Keperawatan Primer), Non MPKP (Metode Tim), Kepuasan Klien

Abstrak

Tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan kesehatan meningkat, untuk mendukung itu dituntut adanya penataan sistem pemberian pelayanan keperawatan yaitu MPKP dengan modifikasi keperawatan primer. Perawat dituntut untuk memberikan pelayanan  dan asuhan keperawatan yang berkualitas secara profesional. Hal ini dilihat dari dokumentasi keperawatan yang berdasarkan standar asuhan keperawatan. Di RSUD Kota Tanjungpinang, implementasi MPKP dan Non MPKP sudah terlaksana lebih dari 6 bulan dan masih ada keluhan klien terhadap pelayanan keperawatan. Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional Study. Hasil penelitian diketahui tingkat kepuasan klien yang dirawat di irna MPKP, dengan kategori baik (82,5%) dan di irna Non MPKP, kategori baik (65%). Ada perbedaan yang signifikan antara kepuasan klien di irna MPKP dan Irna Non MPKP dengan  uji Mann-Whitney didapat nilai p = 0,013. Untuk meningkatkan kepuasan klien di Irna Non MPKP, disarankan menggunakan MPKP dengan modifikasi keperawatan primer dan di Irna MPKP agar dilakukan penambahan alat-alat kesehatan penunjang pelayanan keperawatan. Untuk kepatuhan perawat dalam pendokumentasian perlu adanya format ceklist dan memotivasi perawat tentang pentingnya dokumentasi keperawatan sebagai wujud profesionalisme perawat dalam bekerja dan adanya dukungan managemen demi keberhasilan pelaksanaan dokumentasi.

Referensi

Arikunto S, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Ariswati, Rosnedy, 2006, Pengaruh PositifImplementasi MPKP terhadap kualitas Pelayanan Keperawatan dan Tingkat Kepuasan Pasien, http://arc.ugm.ac.id/files/(0916-H2006).

Depkes RI, 2004, Buku Saku Informasi Rumah Sakit, Jakarta.

Doengoes ME, 2000, Rencana Asuhan Keperawatan, EGC, Jakarta.

Lismidar,H.dkk., 2005, ProsesKeperawatan UI., Jakarta.

Gerson, R,F,2002, Mengukur Kepuasan Pelanggan : Panduan Menciptakan Pelayanan Bermutu, Penerbit PPM, Jakarta.

Hasan,I.,2006, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Bumi Aksara, Jakarta.

Hidayat AA, 2007. Riset Keperawatan dan Tehnik Penulisan Ilmiah, Salemba Medika, Jakarta.

__________,2007. Pengantar Dokumentasi proses Keperawatan, EGC, Jakarta.

Klinis, 2007, Kepuasan pasien terhadap Pelayanan Rumah Sakit, http://www,28 desember 2007/ kepuasan/index.php.

Kotler P, 2002. Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Muhlisin, Abi, 2007, Dampak Model Praktik Keperawatan Profesional terhadap KepuasanPasien, http://lppm,ums.ac.id/datas/penelitian /kedokteran/2007.

Munijaya,G,A. 2004. Manajemen KesehatanJakarta: Penerbit Buku Kedokteran: EGC.

MPKP FIK-UI-RSCM, 2008. Kumpulan Materi Pelatihan MPKP di Rumah Sakit. Jakarta.

Notoatmojo, Sukijo.2002. Metodologi Peneitian Kesehatan, Jakarta:Rineka Cipta.

Nurbaiti. (2004). Ilmu Perilaku dan TingkatKepatuhan. http://www.alnurses.com: Jakarta.

Nursalam, 2003. Konsep dan PenerapanMetodologi Penelitian Ilmu Keperawatan:Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan, Jakarta:Salemba Medika.

__________,2001., Proses dan Dokumentasi Keperawatan : Konsep dan Praktek, Salemba Medika, Jakarta.

__________,2002, Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional, Salemba Medika.,

Jakarta.

Profil Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tanjungpinang, 2007.

Pranita EE, 2006. Faktor-faktor yang berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Penyakit Anak, RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru, Pekanbaru.

Pratiknya,A,W,2003, Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kesehatan, Rajawali, Jakarta.

Santoso, Singgih. 2002, Mengolah Data Statistik secara Profesional : SPSS Ver. 10, Jakarta : Elex Media Komputindo.

Sitorus R,. 2006. MPKP di Rumah Sakit: Penataan Struktur & Proses (sistem) Pemberian Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat. EGC, Jakarta.

__________,. 2006. MPKP di Rumah Sakit :Penataan Struktur & Proses (sistem) Pemberian Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat : Panduan Implementasi, EGC, Jakarta.

Supranto, Johanes, 2007, Tehnik Sampling untuk Survey dan Eksperimen, Rineka, Jakarta.

Serbaguna, 2004. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit, Yogyakarta.

Supardi,Sudibyo.DR,et.all, 2008, Faktorfaktoryang berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan dan Rawat Inap di Puskesmas, Buletin Penelitian Depkes RI.

Tjiptono F, 2000. Perspektif Manajemendan Pemasaran Kontemporer.

Dosen STIKES Hang Tuah Tanjungpinang.

Dosen STIKES Hang Tuah Tanjungpinang.

Unduhan

Diterbitkan

2011-07-26