Pengaruh Bermain Peran (Role Play) Terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak Prasekolah di PAUD Ibnu Abas Tanjungpinang

Penulis

  • Umu Fadhilah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang
  • Yusnaini Siagian STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
  • Delvi Rosadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

Perkembangan Bahasa, Role Play, Prasekolah

Abstrak

Perkembangan bahasa adalah perubahan sistem lambang bunyi yang berpengaruh terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Dengan kemampuan berbicara itu anak bisa mengidentifikasi dirinya, serta berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain. Dengan bahasa semua manusia dapat mengenal dirinya, sesama manusia, alam sekitar, ilmu pengetahuan dan nilai-nilai moral atau agama. Salah satu penanganan anak yang mengalami gangguan perkembangan bahasa adalah salah satunya bermain peran (role play). Role play  merupakan suatu cara pengusaan materi belajar melaui pengembangan, imajinatif, daya ekspresi dan penghayatan dalam memerankan tokoh tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain peran (role play) terhadap perkembangan bahasa pada anak prasekolah di Paud Ibnu Abas Tanjungpinang 2017. Metode penelitian menggunakan desain penelitian quasi eksperimen, dengan rancangan pretest dan posttes without control, sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dan alat pengumpulan data digunakan berupa lembar observasi yang sudah baku dari DDST (Denver Developmental Test). Kemampuan perkembangan bahasa anak pre test sebelum perlakuan sebanyak 70%, kemampuan perkembangan bahasa anak post test sesudah perlakuan menjadi 100% normal. Data analisis dengan menggunakan uji Wilcoxon dengan derajat kemaknaan ɑ = 0,05. Hasil yang diperoleh uji Wilcoxon menjukkan ρ value = 0,011 (ρ value ≤ ɑ = 0,05) hasilnya adalah H0 ditolak. The result adalah ada pengaruh Bermain Peran (Role Play) Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Prasekolah Di Paud Ibnu Abas Tanjungpinang tahun 2017. Saran dalam penelitian ini agar  institusi pendidikan Paud Ibnu Abas dan isntitusi pendidikan kesehatan dapat merekomendasikan hasil penelitian untuk diaplikasiakan pada prasekolah dengan Terapi Bermain Peran (Role Play)  untuk meningkatkan kemampuan perkembangan bahasa.

Referensi

Adriana. 2011. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak Edisi Revisi, Jakarta: Salemba Medika.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010, Jakarta: Rineka Cipta.

Dharma, Kelana Kusuma. 2011. Metodologi Penelitian Keperawatan (Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian). Jakarta: Trans Info Media.

Hasnida. 2014. Analisa Kebutuhan Anak Usia Dini, Jakarta: Luxima.

Hidayat, A. Aziz Alimul. 2011. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data, Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho. 2009. Denver Developmental Screeningtest: Petunjuk Praktis. Kedokteran EGC.

Nursalam. 2012. Metodologi Penelitian ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 3, Jakarta: Salemba Medika.

Rumilasari, 2016. Pengaruh Bermain Peran atau (Role Play) Terhadap Kemampuan Berbicara pada Anak Kelompok A semester II di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Singaraja

Tahun Pelajaran 2015/2016. 387704-1-SM.PDF. diakses pada tanggal 18 September 2016 Pukul 19.30 WIB.

Safitri, 2016. Pengaruh Metode bermain peran Tterhadap kemampuan berbicara kelompok B TK Muslimat Hayatul Wathon, diakses dari 7976-

-1 SM.PDF. Tanggal 18 September 2016 Pukul 19.00 WIB.

Sagala. 2012. Konsep dan Makna

Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Santrock, 2012. Masa Perkembangan Anak Edisi 11. Jakarta: Salemba Humanika.

Soetjiningsih. 2012. Tumbuh Kembang Anak, Kedokteran EGC.

Sulistiyawati. 2014. Deteksi Tumbuh Kembang Anak, Jakarta: Salemba Medika.

Susanti. 2012. Mengetahui Perkembangan Anak, Ciamis: CV Gilbran Publishing.

Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya Edisi Pertama, Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Tandry. 2011. Mengenal Tahap Tumbuh Kembang Anak dan Masalahnya,

Jakarta: Libri.

Thobroni. 2015. Mendongkrak Kecerdasan Anak Melalui Bermain dan Permainan, Depok: Kata Hati.

Widyatrini, 2012. Metode bermain peran dalam keterampilan berbicara siswa kelas V, 225048371. SM.PDF. diakses pada tanggal 19 November Pukul 20.00 WIB.

Wiyani. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Panduan bagi Orangtua dan Pendidik PAUD dalam Memahami serta Mendidik Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media.

Unduhan

Diterbitkan

2017-07-23