Hubungan Pola Asuh Permisif dengan Kecerdasan Emosional Remaja di SMP Hang Tuah Tanjungpinang

Penulis

  • Dormutiara Hutabarat STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
  • Debora Betadesty Anggarani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

Pola asuh Permisif, Kecerdasan Emosional, SMP Hangtuah Tanjungpinang

Abstrak

Remaja diartikan sebagai rentang waktu pertumbuhan antara masa anak-anak dan dewasa. Selain itu, remaja merupakan individu yang memiliki akses kemungkinan atau kemampuan untuk menerima perubahan, baik positif maupun negative. Sebagian besar, orang beranggapan bahwa masa remaja adalah waktu yang paling berkesan dalam hidupnya. Kecerdasan Emosional adalah suatu kemampuan yang dapat dimengerti emoosi sendiri dan orang lain, dan dapat mengatasinya. Penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh Permisif Dengan Kecerdasan Emosional Remaja Di SMP Hangtuah Tanjungpinang.Metode penelitian menggunakan desain penelitian cross sectional, dengan cara pendekatan, observasi atau pengumpulan data sekaligus pada suatu saat (point time approach), sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling dan alat pengumpulan data digunakan berupa kuesioner dengan jumlah 27 pertanyaan. Data analisis dengan menggunakan uji Kolmogrov Smirnov dengan derajat kemaknaan 0,05. Hasil yang diperoleh uji kolmogrov Smirnov menjukkan ρ value pola asuh permisif 0,000 (ρ value < ɑ = 0,05) hasilnya adalah H0 ditolak, artinya ada Hubungan Pola Asuh Permisif Dengan Kecerdasan Emosional Remaja Di SMP Hangtuah Tanjungpinang.

Referensi

Al-Mighwar. (2011). Psikologi Perkembangan Petunjuk Bagi Guru Dan Orangtua.

Bandung: Pustaka Setia.

Aunillah. (2015). Membentuk Karakter Anak. Yogyakarta: FlashBooks.

Djamarah. (2014). Pola Asuh Orang Tua Dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta :

Rineka Cipta.

Hurlock. (2011). Psikologi Perkembangan.

Jakarta: Erlangga.

Husada. (2013). Hubungan Pola Asuh

Demokratis Dan Kecerdasan Emosional

Dengan Perilaku Prososial Pada Remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 266-277.

Laning. (2009). Remaja Idaman. Klaten:

Cempaka Putih.

Mansur. (2011). Psikologi Ibu Dan Anak Untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Keperawatan Pendekatan Praktis.

Jakarta Salemba Medika.

Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Hidayah, dkk. (2013). Hubungan Pola

Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Pra Sekolah (4-6) tahun Di TK Senaputra Kota Malang.

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, 131-135.

Rahman, dkk. (2015). Hubungan Pola Asuh

Permisif Orang Tua Dan Kecerdasan

Emosional Siswa Dengan Hasil Belajar Matemaika Siswa . Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 116-130.

Soetjiningsih. (2010). Tumbuh Kembang Remaja Dan Permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto.

Unduhan

Diterbitkan

2017-07-23