Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Ernawati STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
  • Lili Sartika STIKES Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

PHBS, pengetahuan, sikap, jajanan sehat guru

Abstrak

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Bidang Kesehatan (RPJP-K) tahun 2005-2025 perilaku masyarakat yang diharapkan dalam Indonesia Sehat 2025 adalah perilaku yang bersifat proaktif untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah risiko terjadinya penyakit, melindungi diri dari ancaman penyakit dan masalah kesehatan lainnya, sadar hukum, serta berpartisipasi aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat, termasuk menyelenggarakan masyarakat sehat dan aman (safe community. Sekolah perlu memiliki lingkungan kehidupan yang menjamin adanya proses belajar mengajar serta menciptakan kondisi yang mendukung tercapainya hidup sehat. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan teknik sampel simple random sampling sebanyak 110 responden yaitu siswa kelas I dan II SDN 04 dan SDN 010 Kelurahan Senggarang,Tanjungpinang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Data kemudian dianalisis dengan uji Chi Square.  Uji analisis menunjukkan bahwa nilai asym sig sebesar 0.000 (α=0,05) untuk variabel pengetahuan, sikap, tempat pembuangan sampah, ketersediaan jajanan sehat di kantin dan peran guru sehingga disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan, sikap, tempat pembuangan sampah, ketersediaan jajanan sehat di kantin dan peran guru dalam perilaku hidup bersih dan sehat siswa.

Referensi

Baharuddin, (2011). Hubungan tingkat pengetahuan anak usia sekolah (612 Tahun) dengan perilaku hidup bersih dan sehat di SDN Bukit Bestari Kota Tanjungpinang.

Dewi Rizki Chintya,dkk, (2015). “Teori dan Konsep Tumbuh Kembang Bayi,toodler, Anak dan Usia

Remaja”. Nuha Medika

Yogyakarta : Jl Sadewa

Dharma Kelana Kusuma (2011) “metodologi penelitian keperawatan”.Trans Info

Media : Jakarta

Diskes Kota Tanjungpinang, (2014) “Data Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak SD”. Kota

Tanjungpinang : Agustus 2015

Dirjen Dikti. (2013). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi IX .Jakarta : Dirjen Dikti Kemendikbud.

Hidayat A.A (2011). “Metode

Keperawatan Dan Teknik Analisis Data” Jakarta: Salemba Medika

Kementerian Kesehatan. (2011). Pedoman Keamanan Pangan di Sekolah Dasar. Jakarta : Direktorat Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). http://www.promkes.depkes.go.id/ dl/pedoman_umum_PHBS.pdf.

Kementerian Kesehatan (2014). Profil Kesehatan Indonesia 2014.

http://www.depkes.go.id/resource s/download/pusdatin/profilkesehatan-indonesia/profilkesehatan-indonesia-2014.pdf Koem, Z.A.R., Joseph, B., dan Sondakh, R.C. (2015). Hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku hidup bersih dan sehat pada pelajar di SD Inpres Sukur Kecamatan Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Ilmiah

Farmasi – UNSRAT Vol. 4 No. 4

Maulana, Heri D.J.,2009. “Promosi Kesehatan”.Jakarta:EGC

Machfoedz,

Suryani,dkk.2007.“Pendidikan

Kesehatan Bagian Dari Promosi Kesehatan Edisi ke-5 “. Jakarta:

Tamaya

Notoadmodjo S. (2006). “Promosi

Kesehatan Teori Dan Aplikasinya”.Rineka Cipta

Jakarta:Jl. Jendral Sudirman.

Notoadmodjo Soekidjo,2012. “Promosi Kesehatan dan perilaku kesehatan”.Jakarta: Rineka Cipta Notoadmodjo Soekidjo, dkk, 2012. “Promosi kesehatan di sekolah”. Rineka Cipta : Jakarta

Nursalam,dkk,2008. “Pendidikan Dalam Keperawatan”. Jakarta : Salemba Medika

Riskesdas. (2013). Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI

Rombot, D.V. (2012). Analisis Faktorfaktor yang Berhubungan dengan Praktik Hidup Bersih dan Sehat Siswa di Sekolah Dasar GMIM 52 Mapanget Kecamatan Talawaan.

Naskah tidak dipublikasikan.

Sugiyono.2013.“Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D”. Bandung: Alvabeta, CV

Tamsuri Anas,2005. “Komunikasi Dalam

Keperawatan”.Jakarta: EGC

Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Pusat. (2007). Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Depdiknas

Pratama, Okta.K.R, dkk (2013). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku tentang kebiasaan berprilaku hidup bersih dan sehat siswa SDN 1 Mandong.

Wong Donna,dkk. (2010). “Buku Keperawatan Pediatrik” Jakarta: Buku Kedokteran EGC

Unduhan

Diterbitkan

2016-07-30