Pengaruh Pemberian Kompres Jahe Hangat Terhadap Penurunan Nyeri Arthritis Gout pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjungpinang

Penulis

  • Ernawati STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
  • Clara STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
  • hammadi STIKES Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

Lansia, Arthritis Gout, Nyeri, Kompres Jahe

Abstrak

Lanjut usia adalah bagian dari proses pertumbuhan. Semakin bertambahnya umur manusia maka akan terjadi penurunan kondisi fisik, salah satunya pada sistem muskuloskeletal seperti pada penyakit Arthritis Gout. Hal ini menyebabkan banyaknya keluhan diantaranya seperti nyeri pada persendian. Untuk meringankan keluhan nyeri ini dapat dilakukan dengan cara non farmakologi yaitu dengan kompres jahe hangat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian kompres jahe hangat terhadap penurunan nyeri Arthritis Gout pada lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjungpinang Tahun 2016. Desain penelitian yang digunakan adalah Pra Exsperiment dengan menggunakan rancangan One Grup Pretest Posttest. Pengambilan sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling yang berjumlah 17 orang. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan nilai p value 0,000 (<0,05).  Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian kompres jahe hangat terhadap penurunan nyeri Arthritis Gout pada lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjungpinang Tahun 2016. Hasil penelitian ini diharapkan dapat diterapkan oleh lansia yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjungpinang dalam melakukan terapi kompres jahe hangat secara mandiri untuk menurunkan nyeri Arthritis Gout.

Referensi

Hadi, Masyhurrosyidi. (2013). Pengaruh

Kompres Hangat Rebusan Jahe Terhadap Tingkat Nyeri Sub Akut dan Kronis pada Lansia dengan Osteo Arthritis Lutut di Puskesmas Arjuna Kecamatan Klaten Malang Jawa Timur. Skripsi. Universitas Bradiwijaya.

Helmi. Zairin Noor. (2012). Buku Ajar Gangguan Muskuloskeletal. Jakarta : Salemba Medika.

Hidayat, et al. (2009). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Izza, Syarufatul. (2014). Perbedaan Efektifitas Pemberian Kompres Air Hangat dan Pemberian Kompres

Jahe Terhadap Penurunan Nyeri

Sendi Pada Lansia di Unit Rehabilitas Sosial Wening Wardoyo Ungaran. Skripsi. Stikes Ngudi Waluyo Ungaran.

Nugroho (2009). Komunikasi Dalam Keperawatan Gerontik. Jakarta: EGC.

Potter, Perry. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan.

Jakarta.

Rusnoto, et al. (2015). Pemberian Kompres

Hangat Memakai Jahe untuk Meringankan Skala Nyeri pada Pasien Asam Urat di Desa Kedungwungu Kecamatan

Tegawanu Kabupaten Gerobogan. Skripsi. Stikes Muhammadiyah Kudus Jawa Tengah.

Susanti, Devi. (2014). Pengaruh Kompres Hangat Jahe Terhadap Penurunan Skala Nyeri Arthritis Rematoid pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werda Kasih Sayang Ibu Batu Sangkar. Skripsi. Universitas Muhammadiah Sumatra Barat Bukit Tinggi.

Tamsuri (2006). Konsep dan Penatalaksanaan Nyeri. Jakarta: EGC

Unduhan

Diterbitkan

2016-01-27