Pengaruh Terapi Senam Otak Terhadap Penurunan Tingkat Stres pada Siswa/I Kelas XII Sma Negeri 3 Tanjungpinang dalam Persiapan Mengikuti Ujian Nasional

Penulis

  • Retno Setiowati STIKES Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

Tingkat kecemasan, alat kontrasepsi, WUS

Abstrak

Stres merupakan reaksi fisik dan psikis yang berupa perasaan tidak enak yang dapat dialami oleh siapa saja termasuk pada siswa/i yang akan menjalani Ujian Nasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi senam otak terhadap penurunan tingkat stres. Desain penelitian ini Pre Experimental Designs dengan rancangan one group pretest posttest. Jumlah sampel 100 orang dan alat pengumpulan data berupa instrument DASS. Data analisis dengan menggunakan uji WilcoxonMatched Pair dengan derajat kemaknaan α = 0,05. Hasil uji statistik menunjukkan P value 0,000. Jika nilai P ≤ nilai α, maka hasilnya adalah Ho ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh yang bermakna antara terapi senam otak terhadap penurunan tingkat stres pada responden. Disarankan agar terapi senam otak dapat diterapkan sebagai salah satu metode untuk penanganan stres dalam persiapan Ujian Nasional maupun dalam proses kegiatan belajar.

Referensi

Abdullah. (2007). Kiat Mengatasi Stres. Jakarta: Restu Agung, hal: 5 Council, S.N. (2003). Manajemen Stres. Jakarta: EGC, hal: 2-4

Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor:

Ghalia Indonesia.

Eliasa, I. E. (2007). Brain Gym, Brain

Games (Mari Bermain Otak Dengan Senam Otak). Makalah Program Parent Volunter’s Week Dari SD Budi Mulia Dua Yogyakarta tidak dipublikasikan. 26 Desember 2007. Hal: 3

Fitria, D. (2010). Pengaruh Senam Otak

(Brain Gym) Terhadap Tingkat Stres pada Remaja Kelas XII IPA 1 dan XII IPA 6 di SMA Negeri 7 Padang. Skripsi Tidak diterbitkan. Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Hal: 2

Hadi, P. (2005). Depresi dan Solusinya. Yogyakarta: Tugu.

Hidayat, A. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika

Muhammad, A. (2011). Dahsyatnya Senam Otak. Yogyakarta: Diva

Press

Muhammad, A. (2013). Tutorial Senam Otak Untuk Umum. Yogyakarta: Flash Books

Nasir, A. dan Muhith, A. (2011). DasarDasar Keperawatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika

Purwanto, S. Widyaswati, R. dan Nuryati.

(2009). Manfaat Senam Otak (Brain Gym) Dalam Mengatasi Kecemasan dan Stres pada Anak Sekolah. Jurnal Kesehatan. Vol. 2, No. 1 (hal. 82) Sularyo, S.T. dan Handryastuti, S. (2002). Senam Otak. Jurnal Kesehatan

Anak. Vol. 4, No. 1 (hal. 37-38)

Vany, T.R. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kecenderungan Depresi pada Siswa Kelas VIII (Delapan) SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Skripsi Tidak diterbitkan. Sekolah Tinggi Ilmu

Kesehatan Hangtuah

Tanjungpinang. Hal: 2-3

Wangsa, T. (2010). Menghadapi Stres dan Depresi. Jakarta Selatan: Oryza

Yessydiah. (2012). Stres dan

Pengukurannya. http://Yessydiah.tripod.com. Di

akses: 15 Februari 2016

Unduhan

Diterbitkan

2015-07-19