Pengaruh Terapi Senam Otak Terhadap Penurunan Tingkat Stres pada Siswa/I Kelas XII Sma Negeri 3 Tanjungpinang dalam Persiapan Mengikuti Ujian Nasional
Kata Kunci:
Tingkat kecemasan, alat kontrasepsi, WUSAbstrak
Stres merupakan reaksi fisik dan psikis yang berupa perasaan tidak enak yang dapat dialami oleh siapa saja termasuk pada siswa/i yang akan menjalani Ujian Nasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi senam otak terhadap penurunan tingkat stres. Desain penelitian ini Pre Experimental Designs dengan rancangan one group pretest posttest. Jumlah sampel 100 orang dan alat pengumpulan data berupa instrument DASS. Data analisis dengan menggunakan uji WilcoxonMatched Pair dengan derajat kemaknaan α = 0,05. Hasil uji statistik menunjukkan P value 0,000. Jika nilai P ≤ nilai α, maka hasilnya adalah Ho ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh yang bermakna antara terapi senam otak terhadap penurunan tingkat stres pada responden. Disarankan agar terapi senam otak dapat diterapkan sebagai salah satu metode untuk penanganan stres dalam persiapan Ujian Nasional maupun dalam proses kegiatan belajar.
Referensi
Abdullah. (2007). Kiat Mengatasi Stres. Jakarta: Restu Agung, hal: 5 Council, S.N. (2003). Manajemen Stres. Jakarta: EGC, hal: 2-4
Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor:
Ghalia Indonesia.
Eliasa, I. E. (2007). Brain Gym, Brain
Games (Mari Bermain Otak Dengan Senam Otak). Makalah Program Parent Volunter’s Week Dari SD Budi Mulia Dua Yogyakarta tidak dipublikasikan. 26 Desember 2007. Hal: 3
Fitria, D. (2010). Pengaruh Senam Otak
(Brain Gym) Terhadap Tingkat Stres pada Remaja Kelas XII IPA 1 dan XII IPA 6 di SMA Negeri 7 Padang. Skripsi Tidak diterbitkan. Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Hal: 2
Hadi, P. (2005). Depresi dan Solusinya. Yogyakarta: Tugu.
Hidayat, A. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika
Muhammad, A. (2011). Dahsyatnya Senam Otak. Yogyakarta: Diva
Press
Muhammad, A. (2013). Tutorial Senam Otak Untuk Umum. Yogyakarta: Flash Books
Nasir, A. dan Muhith, A. (2011). DasarDasar Keperawatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika
Purwanto, S. Widyaswati, R. dan Nuryati.
(2009). Manfaat Senam Otak (Brain Gym) Dalam Mengatasi Kecemasan dan Stres pada Anak Sekolah. Jurnal Kesehatan. Vol. 2, No. 1 (hal. 82) Sularyo, S.T. dan Handryastuti, S. (2002). Senam Otak. Jurnal Kesehatan
Anak. Vol. 4, No. 1 (hal. 37-38)
Vany, T.R. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kecenderungan Depresi pada Siswa Kelas VIII (Delapan) SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Skripsi Tidak diterbitkan. Sekolah Tinggi Ilmu
Kesehatan Hangtuah
Tanjungpinang. Hal: 2-3
Wangsa, T. (2010). Menghadapi Stres dan Depresi. Jakarta Selatan: Oryza
Yessydiah. (2012). Stres dan
Pengukurannya. http://Yessydiah.tripod.com. Di
akses: 15 Februari 2016
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2015 Retno Setiowati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.