Hubungan Pelayanan Petugas Kesehatan dan Lingkungan Rumah Sakit dengan Tingkat Kepuasan Pasien

Penulis

  • Endang Abdullah STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
  • Yusnaini STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
  • Indah Prihatin STIKES Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

Kepuasan Pasien, Petugas Kesehatan, Rumah Sakit

Abstrak

Kepuasan pasien adalah tingkat keadaan yang dirasakan oleh pasien dan merupakan hasil penampilan atau outcome jasa petugas kesehatan. Jumlah kunjungan pasien rawat jalan tahun 2006 terjadi peningkatan, sedangkan tahun 2007 terjadi penurunan di poliklinik RSAL Dr. Midiyato S Tanjungpinang. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan pelayanan petugas kesehatan dan lingkungan rumah sakit dengan tingkat kepuasan pasien di unit rawat jalan RSAL Dr. Midiyato S Tanjungpinang tahun 2009. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan pendekatan analitik. Data primer diperoleh dari wawancara dengan alat bantu kuesioner. Data sekunder diperoleh dari profil RSAL Midiyato S Tanjungpinang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien dengan pelayanan dokter baik 44%, pelayanan perawat baik 46%, lingkungan rumah sakit baik 44%, dan tingkat kepuasan pasien baik 46%. Hasil uji statistik chi square didapatkan ada hubungan yang bermakna antara pelayanan dokter, pelayanan perawat, dan lingkungan rumah sakit dengan tingkat kepuasan pasien. Untuk meningkatkan tingkat kepuasan pasien, disarankan kepada petugas kesehatan RSAL Midiyato S Tanjungpinang agar mengevaluasi pelayanan, pemasangan poster-poster tentang penyakit dan pencegahannya serta dilakukan perbaikan terhadap lingkungan rumah sakit di unit rawat jalan.

Referensi

Adikoesoemo, Suparto. 1994. Manajemen Rumah Sakit, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Aditama, Tjandra Yoga. 2000. Manajemen Administrasi Rumah Sakit, UI – Press, Jakarta.

Ariawan, Iwan. 1998. Besar Sampel dan Metode Sampel pada Penelitian Kesehatan, FKM UI

Damayanti, Nyoma Anita. 1997. Dimensi Tingkat Kepuasan Pasien di Perkotaan Terhadap Sistem Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit, Lembaga penelitian Universitas Airlangga,.

Departemen Kesehatan RI. 1992. Direktorat Rumah Sakit Umum dan Pendidikan, Standar Pelayanan Rumah Sakit,

Donabedian, Avedis. 1980. The Definition ofQuality and Approches to It Assesment. Michigan : Health Administration Press.

Elsinarti, Marlia. 2003. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Salak-Bogor, Skripsi Sarjana FKM, UI Depok.

Kurniawan, Triwahyudi. 2002. FaktorFaktoryang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Jalan Runah Sakit Pelabuhan Jakarta, Skripsi Sarjana FKM, UI Depok.

Unduhan

Diterbitkan

2011-01-23