Pengaruh Metode Pembelajaan Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
Kata Kunci:
Aptitude treatment interaction, motivasi belajar, mahasiswaAbstrak
Mengakomodasi dan mengapresiasi perbedaan kemampuan individu dalam pembelajaran dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar mahaiswa yang dikenal dengan metode pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) terhadap peningkatan motivasi belajar mahasiswa STIKES Hang Tuah Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pre test post test without control design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI), sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 semester 2 STIKES Hang Tuah Tanjungpinang TA 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling sebanyak 36 responden. Uji paired sample t-test dengan p-value ≤ 0,05 menunjukkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran ATI (p-value = 0,000 < 0,05) terhadap peningkatan motivasi belajar ilmu keperawatan dasar mahasiswa STIKES Hang Tuah Tanjungpinang Tahun 2015. Sedangkan hasil uji multivariat melalui uji one way anova untuk data pre-test, post-test dengan p value 0,05 menunjukkan bahwa kelompok kemampuan yang memiliki peningkatan motivasi belajar paling baik dibandingkan kelompok kemampuan lainnya adalah kelompok kemampuan tinggi dan rendah.
Referensi
Agustiana, Sri, (2010). Hubungan Minat dan Motivasi menjadi Perawat dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Program Studi D III Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hutama Abdi Husada Tulungagung. Skripsi tidak diterbitkan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hutama Abdi Husada Tulungagung.
Arikunto, Suharsimi, (2010). Manajemen
Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Astuti, PD, (2013). Efektivitas Metode Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik.
Cronbach, L. J., Snow, R.1969. Final Report Individual Differences in Learning Ability as a Function of Intructional Variables. California: School of Education Stanford Univercity Standford
Dharma, Kelana Kusuma, (2011). Metodologi Penelitian
Keperawatan. Jakarta : Trans Info Media
Djamarah, B, S, (2010). Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Notoatmodjo, Soekidjo, (2010).
Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Nursalam, (2003). Konsep dan penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi 1. Jakarta : Salemba Medika
Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis. Jakarta : Salemba.
Oemar Hamalik. 2003. Proses belajar Mengajar.Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Rianto, (2013). Perubahan Kurikulum menjadi Kurikulum 2013.
http://www.kurikulumindonesia.c om/ Diakses: 20 April 2014.
Santrock, J.W. (2008). Educational psychology, (2nded.). Jakarta :
Kencana.
Sardiman, AM. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.
Jakarta : Raja Grafindo Persada
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – Faktor Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek
(Edisi Kedelapan). Jakarta: PT Indeks
Sutikno, S. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT. Refika Aditama
Syafruddin, N, (2005). Model
Pembelajaran yang
Memperhatikan Keragaman Individu Siswa Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Ciputat : Quantum Teaching
Syah, Muhibbin. (2006). Psikologi
Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
UNPAD. Diskusi Edufest 2011 Tentang Kritisi Mutu Pendidikan. Artikel : http://www.unpad.ac.id/archives/4
Diakses : 10 Januari 2014
Wati, Lidya, (2013). Panduan Penyusunan Metodologi Riset Keperawatan.
Skripsi Tidak Diterbitkan Sekolah
Tinggi Ilmu Kesehatan
Tanjungpinang
Winkel. W. S. (2007). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media
Abadi
Woolfolk, Anita. 2004. Educational Psychology (Ninth Edition).
Boston: Allyn and Bacon
Woolfolk, Anita. 2009. Educational
Psychology: Active Learning Edition (Edisi Sepuluh).
Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2015 Nur Meity Sulistia Ayu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.