Pengaruh Terapi Bermain: Cooperative Play dengan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Anak Tuna Grahita

Penulis

  • Heri Priatna Universitas Esa Unggul
  • Tri Arianingsih STIKES Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

Terapi Bermain, Kooperatif Play, Puzzle, Keterampilan Sosialisasi, Tuna Grahita

Abstrak

Tunagrahita adalah perkembangan  fungsi dan intelektual di bawah normal. Hal ini menyebabkan mereka memiliki keterbatasan secara kognitif, verbal, motorik dan keterampilan bersosialisasi. Sosialisasi ini sangat penting bagi anak dengan tunagrahita. Keterampilan sosialisasi pada anak-anak dengan tunagrahita dapat tampak dari terapi bermain: kooperatif dengan teka-teki. Tujuan penelitian ini mengetahui efek terapi bermain: bermain kooperatif dengan puzzle untuk meningkatkan keterampilan dan sosialisasi anak dengan tunagrahita. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimental dengan satu kelompok desain pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak dengan tunagrahita dari SLB Mutiara Tanjungpinang, total mereka adalah 7 anak. Sampel yang digunakan semua populasi dan teknik yang digunakan adalah observasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan Non parametrik Wilcoxon (α) 5%. Uji Wilcoxon dipilih karena data tidak terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ρ=0,026. Nilai ρ<0,05 itu berarti bahwa ada pengaruh terapi bermain: kooperatif play  dengan puzzle untuk meningkatkan keterampilan sosialisasi pada anak-anak dengan tunagrahita di SLB mutiara Tanjungpinang.

Referensi

Aditya, Riski (2010). Gambaran kepuasan kerja guru Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kota Medan. Jurnal Psikologi (hal. 2).

Adriana, Dian (2011). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Dahlan, M. Sopiyudin (2010). Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan: Deskriptif, Bivariat, dan Multivariat. Dilengkapi Aplikasi dengan Menggunakan SPSS. Jakarta: Salemba Medika.

Dharma, Kelana Kusuma (2011). Metodologi

Penelitian Keperawatan: Panduan Melaksanakan Dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: Trans Info Media.

Ferlina, Ana (2014). Pengaruh Terapi Bermain: Cooperative Play Dengan Puzzle Transportasi Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Tuna Grahita Di Yayasan Pendidikan Setia Ayah Bunda Kota Payakumbuh Tahun 2014. Skripsi tidak diterbitkan. Payakumbuh. FK dan MIPA. UMSB.

Hidayat, A. Aziz Alimul (2005). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Hidayat, A. Aziz Alimul (2008). Metode Penelitian Keperawatan & Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Hildayani, Rini et all (2009). Penanganan Anak Berkelainan (Anak Dengan Kebutuhan Khusus). Jakarta: Universitas Terbuka.

Iskandar, Rani Yulianty (___). Permainan Yang

Meningkatkan Kecerdasan Anak: Modern & Tradisional. Jakarta: Laskar Aksara.

Mashudi, Sugeng (2012). Buku Ajar Sosiologi Keperawatan Konsep & Aplikasi.

Jakarta. EGC.

Mubarak, Wahit Iqbal (2009). Sosiologi Untuk Keperawatan: Pengantar Dan Teori. Jakarta: Salemba Medika.

Mulyani, Dian Febri Adi (2014).

Perkembangan Kognitif Anak Retardasi Mental Pada Pemberian Media Playdough Di Slb C Yakut Purwokerto. Skripsi tidak diterbitkan. Purwokerto. FKUJS.

Muttaqin, Arif (2011). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Klien Dengan Gangguan Sistem Persyarafan. Jakarta: Salemba Medika.

Nasir, Abdul (2011). Komunikasi Dalam Keperawatan : Teori Dan Aplikasi. Jakarta : Salemba Medika.

Notoatmodjo, Soekidjo (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Prasetyono, Dwi Sunar (2007). Membedah Psikologi Bermain Anak. Jogjakarta : Think

Sofinar, (2012).Perilaku Sosial Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Imliah Pendidikan Khusus vol. 1, no. 1 (hal. 133-141).

Sunaryo, (2004). Psikologi Untuk

Keperawatan. Jakarta: EGC.

Supartini, Yupi (2004). Buku Ajar Konsep

Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC

Townsend, Marry C. (2009). Buku Saku Diagnosis Keperawatan Psikiatri: Rencana Asuhan & Medikasi

Psikotropik, Ed. 5. Jakarta : EGC.

Videbeck, Sheila L. (2008). Buku Ajar Keperawatan Jiwa.Jakarta: EGC.

Veskarisyanti, Galih A. (2008). 12 Terapi Autis Paling Efektif & Hemat Untuk Autisme, Hiperaktif, Dan Retardasi Mental. Yogyakarta: Pustaka AWardhani, Sintia Hartika (2012). Terapi Bermain : Cooperative Play Dengan Puzzle Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Anak Retardasi Mental. Skripsi tidak diterbitkan. Mulyorejo. FKUA.

Widyanto, Faisalado Candra (2014). Keperawatan Komunitas Dengan Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Nusa Medika.

Wiyani, Novan Ardy (2014). Buku Ajar

Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan

Khusus. Yogyakarta: Ar- Ruzz media.

Wawan, A dan M. Dewi (2010). Teori dan

Pengukuran Pengetahuan, Sikap,

Prilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha

Medika.

Unduhan

Diterbitkan

2014-07-25