Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Farmakologi di Prodi S1 Stikes Hang Tuah Tanjungpinang

Penulis

  • Hotmaria Julia Dolok Saribu STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
  • Lili Sartika STIKES Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

Farmakologi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

Kurangnya motivasi dan kesadaran mahasiswa untuk belajar dikarenakan mahasiswa kurang aktif dalam mengerjakan soal latihan yang diberikan, sehingga hasil belajarnya pun menjadi kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar Farmakologi pada mahasiswa.  Prodi S1 Semester VI di Stikes Hang Tuah Tanjungpinang. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang Tahun 2015, dengan menggunakan desain penelitian cross-sectional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah cita-cita dan aspirasi, kondisi peserta didik, kemampuan peserta didik, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar Farmakologi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi S1 semester VI Stikes Hang Tuah Tanjungpinang tahun ajaran 2014/2015. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara Total Sampling, dengan jumlah sampel 41 orang sesuai dengan kriteria inklusi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Chi-Square. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari pengolahan data kepada 41 responden dengan menggunakan ChiSquare menunjukan nilai p=0,352>0,05 untuk variabel motivasi, nilai p=0,531>0,05 untuk variabel cita-cita dan aspirasi, nilai p=0,354>0,05 untuk variabel kondisi peserta didik, nilai p=0,758 > 0,05 variabel kemampuan peserta didik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah tidak ada hubungan terhadap motivasi belajar terhadap hasil belajar Farmakologi.

Referensi

Ahmadi, Abu & Supriyono, Widodo. (2004). Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Astuti. (2013). Hubungan Motivasi dan Minat dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi S1 Keperawatan Reguler Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang

TuahTanjungpinang.

Dahlan, Sopiyudin. (2011). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Elliot, et al. (2000). Educational Psychology Efective Teaching, Efektive Learning and Teaching (3rd ed). United States of America: McGraw Hill Companies.

Hamalik, Oemar. (2010). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Imron & Munif. (2010). Metodelogi Penelitian Bidang Kesehatan. Jakarta: Sagung Seto.

Katzung, Bertian G. (2001). Farmakologi dan Dasar Klinik. Jakarta: Salemba Medika.

Kuswaningrum, Okta. (2014). Hubungan Motivasi Beljar Mahasiswa dengan Hasil Belajar Semester V Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri. Jurnal Kebidanan (hal: 50).

Mangkunegara. (2005). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nugraheni, Fitri. (2013). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Umk). Kudus.

Nursalam & Efendi. (2009). Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Sardiman, A.M (2011). Internasional dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali press.

Sastroasmoro, S. & Sofyan, Ismael. (2008). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian

Klinis. Jakarta: Sagung Seto.

Setyowati. (2007). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang.

Siagian, S. (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Siswanto, dkk. (2013). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Kedokteran. Yogyakarta: Bursa Ilmu.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suciati & Prastya. (2001). Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusmarni, Desi. (2011). Hubungan Minat dan Motivasi Mahasiswa D-III Kebidanan terhadap Hasil Belajar Farmakologi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan

Diterbitkan

2014-01-29