Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Biomedik di Stikes Hang Tuah Tanjungpinang Tahun Akademik 2013-2014

Penulis

  • Nur Meity Sulistia Ayu Stikes Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

Gaya belajar, Prestasi Belajar, Biomedik, Mahasiswa Keperawatan

Abstrak

Prestasi belajar mahasiswa dapat dipengaruhi oleh gaya belajar. Setiap mahasiswa memiliki satu gaya belajar yang dominan apakah visual, auditori atau kinestetik. Mata kuliah Biomedik adalah mata kuliah dasar dalam ilmu keperawatan yang harus dikuasai oleh setiap mahasiswa keperawatan untuk menjadi perawat profesional. Penguasaan kompetensi mahasiswa pada mata kuliah Biomedik ditunjukkan melalui prestasi belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Stikes Hang Tuah Tanjungpinang pada mata kuliah Biomedik Tahun Akademik 2013-2014. Peneltian ini merupakan studi korelasi dengan populasi semua mahasiswa Stikes hang Tuah Tanjungpinang yang mengambil mata kuliah Biomedik TA 2013-2014. Sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling berjumlah 83 mahasiswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sebagian besar responden memiliki gaya belajar visual (68,67%) dan memiliki indeks prestasi rendah (74,69%). Analisis uji statistik menggunakan uji Chi-Square menunjukkan bahwa ρ value  < α  (0,001 < 0,05) yang menyimpulkan bahwa ada pengaruh antara gaya belajar ternadap indeks prestasi mahasiswa pada mata kuliah Biomedik Stikes Hang Tuah Tanjungpinang TA. 2013-2014. Penelitian ini merekomendasikan hendaknya mahasiswa bisa mengenali gaya belajar yang sesuai dengan dirinya, sehingga  jika metode/strategi pada saat proses belajar mengajar di kelas tidak sesuai dengan gaya belajarnya, mahasiswa mampu  menentukan sendiri cara yang paling mudah baginya untuk menyerap pelajaran yang diberikan baik itu pada saat belajar di kelas maupun di Laboratorium. Institusi dapat memrogamkan dosen mengikuti pelatihan pengembangan metode dan strategi pembelajaran.

Referensi

Abdullah, E. (2009). Profil Stikes Hang Tuah Tanjungpinang: Tanjungpinang: Stikes Hang Tuah.

Adisendjaja, Y. H. (2008) Sains dan Pembelajaran Sains,

Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI

A.M.R Santoso. (2001) Right Brain. Mengembangkan

Kemampuan Otak Kanan

Untuk Kehidupan Yang Lebih berkualitas, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dalyono, M. (1997). Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Danim, S. (2003). Riset Keperawatan Sejarah & metodologi, Jakarta: EGC.

Departemen Ilmu Keperawatan FK USU. (2007). Buku Panduan

Program Pendidikan Akademik Program Studi Ilmu Keperawatan, Medan: USU Press.

Deporter, B, dkk. (2004). Quantum

Teaching:Mempraktikkan

Quantum Learning di Ruangruang Kelas, Bandung: Kaifa.

Deporter, B & Hernacki, M. (2003). Quantum

Learning:Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa.

Felder, R & Soloman, B. 2001.

Learning Styles and Strategies.

Dikuti dari : http://www2.ncsu.edu Dibuka tanggal 21 juni 2010

Husain, D. (2000). Learning and Personality Styles in Second Language Acquisition : Gaya Belajar dan Gaya Kepribadian dalam Perolehan Bahasa Kedua. Dikutip dari :

http://www.pascaunhas.net Dibuka tanggal 12 Juni 2010

Ir. Winardi, A. (2008). Memahami

Gaya Belajar Anak.

http://www.bpkpenaburbdg.sch.id Dibuka tanggal 20 Juni 2010

Notoatmodjo, S. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Nurhidayah R, Endah dkk, (2009).

Buku Penuntun Teori

Praktikum Keperawatan Dasar, Medan: USU Press.

Nursalam. (2003). Konsep Dan Penerapan Metodologi Riset Keperawatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pollit & Hungler. (1999). Nursing Research Principles and Methodes, Philadelpia:

Lippincott.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar. (Bandung: Bumi Aksara, 2006), h. 30.

Pranata, M. (2009). Menyoal Kecocoktidakan Gaya Pembelajaran Desain. Dikutip dari : http://desaingrafisindonesia.file

s.wordpress.com Dibuka tanggal 12 September 2010.

Santoso, Singgih. (2006). Menguasai Statistik di Era Informasi dengan SPSS 15, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Slameto. (2003). Belajar dan faktorfaktor yang mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susanto, H. (2006). Meningkatkan Konsentrasi Siswa Melalui Optimalisasi Modalitas Belajar Siswa. Diambil tanggal 18

Oktober 2009 dari http://www.bpkpenaburbdg.sch. id

Syah, Muhibbin. (2003). Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tim Penyusun Kamus Pusat

Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi 2., Jakarta: Balai Pustaka.

Pangabean, A. (2009). Gambaran Prestasi Belajar Mahasiswa

PSIK FK USU Program Reguler Berdasarkan Tipe Belajar Mahasiswa, Skripsi Penelitian Program studi Ilmu keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Tidak dipublikasikan.

Sundari. (2009). Hubungan Tipe Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara, Skripsi Penelitian Program studi Ilmu keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Tidak dipublikasikan.

Dosen STIKES Hang Tuah

Tanjungpinang.

Unduhan

Diterbitkan

2014-01-29