Faktor –faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Mahasiswa S1Tingkat IV untuk Melanjutkan Keprofesi Ners di Stikes Hang Tuah Tanjungpinang Tahun 2014

Penulis

  • Heri Priatna Universitas Esa Unggul
  • Lili Sartika STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
  • Komala Sari STIKES Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

Motivasi, Mahasiswa, Profesi Ners

Abstrak

Profesi keperawatan di Indonesia mengalami perkembangan yang demikian pesat. Perkembangan ini memberi dampak berupa perubahan sifat pelayanan keperawatan dari pelayanan vokasional menjadi professional yang berpijak pada penguasaan iptek keperawatan termasuk dalam pelayanan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi Faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi mahasiswa S1 tingkat IV untuk melanjutkan ke Profesi Ners di STIKES Hang Tuah Tanjungpinang tahun 2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif analitik, dengan pendekatan atau desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa S1 tingkat IV keperawatan STIKES Hang Tuah Tanjungpinang yang berjumlah 32 orang. Penelitian dilakukan pada bulan September – November 2014. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan antara cita-cita dan motivasi mahasiswa S1 tingkat IV dengan nilai p value = 0,011 dan ada hubungan antara kemampuan peserta didik dengan motivasi mahasiswa S1 tingkat IV dengan nilai p value = 0,031.

Referensi

DEPKES.2011. Perawat Mendominasi Tenaga Kesehatan. http://manajemen-rs.net /index. php? option= com_content

&view=article&id=185:perawatmendominasi-tenagakesehatan&catid=51:berita&Itemid= 95. Diakses tanggal 23 Oktober

Jam : 13.20

Djamarah, S.B. 2008. Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta : Rineka Cipta

Kurniawan, A. 2009.BelajarMudah SPSS untuk Pemula.Yogyakarta : Media Kom

Kusnanto.2004. Pengantar Profesi & Praktik Keperawatan Profesional.

Jakarta : EGC

Marziati.2009. Motivasi Mahasiswa Kabupaten Aceh Selatan untuk Akademi Keperawatan Pemerintah Melanjutkan Pendidikan ke Tingkat

Sarjana Keperawatan. Skripsi Fakultas Keperawatan Universitas Sumatra Utara.

Maulana, I. 2003. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Perawat untuk Melanjutkan

Pendidikan pada Jenjang Pendidikan

Tinggi Keperawatan. Skripsi FKSTIKES Fakultas Kedokteran

Universitas Airlangga, Banjarmasin.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta :

Rineka Cipta.

Nurhidayah, R.E. 2011. Pendidikan Keperawatan. Medan : USU Pers

Nursalam & Efendi. 2008. Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta : Slameba Medika

Nursalam. 2009. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi 2. Jakarta : Salmeba Medika.

Putri, H.T & Fanani, A. 2010. Etika profesi

Keperawatan. Yogyakarta :

CiptaPustaka

Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers

Setiadi. 2007. Konsep & Penulisan Riset

Keperawatan. Yogyakarta :

GrahaIlmu

Suara, dkk. 2007. Konsep Dasar

Keperawatan. Jakarta : TIM

Suarli, S & Bahtiar, Y. Manajemen Keperawatan. Jakarta :Erlangga

Sumantri. 2002. Tantangan

Pengembangan Tenaga Kesehatan Masa Depan. Majalah Bina

Diknakes. Edisi 42.

Syarifudin. 2010. Panduan TA

Keperawatan dan Kebidanan dengan

SPSS. Yogyakarta : Grafindo Litera Media.

Uno, H.B. 2010. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara

Wati, L, dkk. 2011. Buku Panduan Penyusunan Proposal dan Skripsi.

Tanjungpinang : STIKES Hang Tuah Tanjungpinang.

WR. 2011. Pendidikan Dalam

Keperawatan. http: //dhanwaode. wordpress.com/2011/01/26/pendidik an-dalam-keperawatan /. Diakses tanggal 12 Desember 2011. Jam : 13.30

Wuryanto, E. 2007. Menata Pendidikan Perawat. http:// www. Suara merdeka. com/ harian

/16/opi05.html. Diakses tanggal

Desember 2011.Jam : 11.53

Dosen Fakultas Fisioterapi Universitas Esa Unggul Jakarta / Ketua Stikes Hang Tuah Tanjungpinang.

Dosen Stikes Hang Tuah

Tanjungpinang.

Dosen Stikes Hang Tuah

Tanjungpinang.

Unduhan

Diterbitkan

2014-01-29