Faktor –faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Mahasiswa S1Tingkat IV untuk Melanjutkan Keprofesi Ners di Stikes Hang Tuah Tanjungpinang Tahun 2014
Kata Kunci:
Motivasi, Mahasiswa, Profesi NersAbstrak
Profesi keperawatan di Indonesia mengalami perkembangan yang demikian pesat. Perkembangan ini memberi dampak berupa perubahan sifat pelayanan keperawatan dari pelayanan vokasional menjadi professional yang berpijak pada penguasaan iptek keperawatan termasuk dalam pelayanan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi Faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi mahasiswa S1 tingkat IV untuk melanjutkan ke Profesi Ners di STIKES Hang Tuah Tanjungpinang tahun 2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif analitik, dengan pendekatan atau desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa S1 tingkat IV keperawatan STIKES Hang Tuah Tanjungpinang yang berjumlah 32 orang. Penelitian dilakukan pada bulan September – November 2014. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan antara cita-cita dan motivasi mahasiswa S1 tingkat IV dengan nilai p value = 0,011 dan ada hubungan antara kemampuan peserta didik dengan motivasi mahasiswa S1 tingkat IV dengan nilai p value = 0,031.
Referensi
DEPKES.2011. Perawat Mendominasi Tenaga Kesehatan. http://manajemen-rs.net /index. php? option= com_content
&view=article&id=185:perawatmendominasi-tenagakesehatan&catid=51:berita&Itemid= 95. Diakses tanggal 23 Oktober
Jam : 13.20
Djamarah, S.B. 2008. Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta : Rineka Cipta
Kurniawan, A. 2009.BelajarMudah SPSS untuk Pemula.Yogyakarta : Media Kom
Kusnanto.2004. Pengantar Profesi & Praktik Keperawatan Profesional.
Jakarta : EGC
Marziati.2009. Motivasi Mahasiswa Kabupaten Aceh Selatan untuk Akademi Keperawatan Pemerintah Melanjutkan Pendidikan ke Tingkat
Sarjana Keperawatan. Skripsi Fakultas Keperawatan Universitas Sumatra Utara.
Maulana, I. 2003. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Perawat untuk Melanjutkan
Pendidikan pada Jenjang Pendidikan
Tinggi Keperawatan. Skripsi FKSTIKES Fakultas Kedokteran
Universitas Airlangga, Banjarmasin.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta :
Rineka Cipta.
Nurhidayah, R.E. 2011. Pendidikan Keperawatan. Medan : USU Pers
Nursalam & Efendi. 2008. Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta : Slameba Medika
Nursalam. 2009. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi 2. Jakarta : Salmeba Medika.
Putri, H.T & Fanani, A. 2010. Etika profesi
Keperawatan. Yogyakarta :
CiptaPustaka
Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers
Setiadi. 2007. Konsep & Penulisan Riset
Keperawatan. Yogyakarta :
GrahaIlmu
Suara, dkk. 2007. Konsep Dasar
Keperawatan. Jakarta : TIM
Suarli, S & Bahtiar, Y. Manajemen Keperawatan. Jakarta :Erlangga
Sumantri. 2002. Tantangan
Pengembangan Tenaga Kesehatan Masa Depan. Majalah Bina
Diknakes. Edisi 42.
Syarifudin. 2010. Panduan TA
Keperawatan dan Kebidanan dengan
SPSS. Yogyakarta : Grafindo Litera Media.
Uno, H.B. 2010. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara
Wati, L, dkk. 2011. Buku Panduan Penyusunan Proposal dan Skripsi.
Tanjungpinang : STIKES Hang Tuah Tanjungpinang.
WR. 2011. Pendidikan Dalam
Keperawatan. http: //dhanwaode. wordpress.com/2011/01/26/pendidik an-dalam-keperawatan /. Diakses tanggal 12 Desember 2011. Jam : 13.30
Wuryanto, E. 2007. Menata Pendidikan Perawat. http:// www. Suara merdeka. com/ harian
/16/opi05.html. Diakses tanggal
Desember 2011.Jam : 11.53
Dosen Fakultas Fisioterapi Universitas Esa Unggul Jakarta / Ketua Stikes Hang Tuah Tanjungpinang.
Dosen Stikes Hang Tuah
Tanjungpinang.
Dosen Stikes Hang Tuah
Tanjungpinang.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2014 Heri Priatna, Lili Sartika, Komala Sari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.