Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien

Penulis

  • Linda Widiastuti STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
  • Puji Agung Wibowo STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
  • Nurhidayati STIKES Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

Pelayanan keperawatan, kepuasan pasien, dimensi karakteristik

Abstrak

Pelayanan keperawatan sebagai salah satu jenis pelayanan di rumah sakit yang memerlukan aspek penilaian dan perhatian khusus dikarenakan hal tersebut berkaitan dengan penanganan dalam membantu memecahkan permasalahan-permasalahan pelayanan kesehatan. Ada 5 dimensi karakteristik yang digunakan oleh klien/ pasien dalam evaluasi pelayanan termasuk pelayanan keperawatan yaitu.konsisten menjaga kepercayaan, kenyamanan, rasa kasih sayang dan kejelasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualiatas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pada pasien. Metode yang digunakan adalah deskripsi dengan pendekatan cross sectional. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat dan metode analisa construktif computer memberikan hasil pada pasien dengan ungkapan kepuasan (72,7%) dan tidak puas 27,3%) rata-rata pasien  yang menunjukkan ungkapan pelayanan baik dihitung (65,5%) dan pelayanan kurang baik (34,5%) dari hasil tabulasi yang telah didapat bahwa p<0,05 arti Ho menolak, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang berarti antara kepuasan pelayanan perawatan pasien di ruang Anggrek, rumah sakit Provinsi Kepulauan Riau.

Referensi

Aditama, T, Y.1999, Management Administrasi RS, Edisi kedua, UI, Jakarta

Anjaswarrni T, et all, 2002, Jurnal Keperawatan Indonesia, Vol 6,Fakultas Ilmu Keperawatan UI, Jakarta

Assauri, Sofjan. 2003, Customer Service yang Baik Landasan Pencapaian Customer Satisfaction dalam Usahawan, No. 01, Tahun XXXII, Januari, hal. 25-30 : Jakarta.

Azwar A, 1996, Menjaga Mutu Pelayanan Keperawatan Kesehatan, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta

________, 1996, Pengantar Administrasi Kesehtan, Binarupa Aksara, Jakarta

Kesehatan RI, 2005, Instrumen Evaluasi Penerapan Standar Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit, Ditjen

Pelayanan Medik Depkes RI, Jakarta

Departemen Kesehatan RI, 2001, Petunjuk Pelaksanaan Indikator mutu pelayanan Rumah Sakit, Ditjen Pelayanan Medik

Depkes RI, Jakarta.

Gaspersz, Vincent. 2002, Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Gramedia :Jakarta.

Kotler, Philip 2003, Marketing Management. Prentice Hall : New Jersey.

Notoatmodjo, Sukijo 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan. Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.

Nursalam, 2003, Konsep dan Penerapan Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman skripsi, Tesis dan instrumen penelitian, Salemba

Medika, Jakarta Penelitian pengukuran mutu RS II, 2006, http/:www. images.trimor.multiply.com

RSUP Kepulauan Riau, 2008, Profil Rumah Sakit Umum Provinsi Kepulauan Riau.

_______, 2008, Rekam Medik Rumah Sakit Umum Provinsi Kepulauan Riau.

Purnama, Nursya,bani. 2006. Manajemen Kualitas Perspektif Global. Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Penerbit Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.

Santoso, Singgih, 2002, SPSS Versi 10 Mengolah Data Statistik Secara Profesional, PT Elex Media Komputindo, Jakarta

Supranto J, 2002 Metode riset Aplikasi dalam Pemasaran, Edisi 7, Rineka Cipta, Jakarta

Setiadi, 2007, Konsep dan penulisan Riset Keperawatan, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta

Tjiptono, Fandi dan Gregorius Candra. 2005. Service, Quality, and Satisfaction. Andi Offset: Yogyakarta.

________. 2005, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Edisi Pertama,cetakan keempat, Penerbit Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.

Wexley KN, Yukl GA, 1998, Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia, Bina Aksara, Jakarta

Dosen STIKES Hang Tuah Tanjungpinang.

Mahasiswi STIKES Hang Tuah Tanjungpinang

Unduhan

Diterbitkan

2011-01-20