Studi Komparatif Perkembangan Anak Usia Prasekolah yang Mengikuti Program Play Group dan yang Tidak Mengikuti Program Play Group

Penulis

  • Denti Kurniasih STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
  • Umu Fadhilah STIKES Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

PAUD, Perkembangan Anak, Play Group

Abstrak

PAUD merupakan program pendidikan penting sesuai dengan komitmen para menteri pendidikan sedunia di Dakar-Sinegal tahun 2000 yang setiap tahun dilaporkan oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif non eksperimental, dengan desain komperatif-analitik yang dirancang dalam bentuk cross sectional. Karakteristik perkembangan responden pada kelompok responden yang mengikuti Playgroup:  Sebagian besar usia anak pada KPSP adalah usia 48 bulan, Sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan, Sebagian besar responden tidak memiliki riwayat keterlambatan perkembangan, Keterlambatan perkembangan yang terjadi pada responden didominasi oleh keterlambatan berjalan, Perkembangan responden sebagian besar adalah sesuai dengan usia. Kelompok responden yang tidak mengikuti Playgroup: Sebagian besar usia anak pada KPSP adalah usia 36 bulan,  Sebagian besar responden berjenis kelamin laki-laki, Sebagian besar responden tidak memiliki riwayat keterlambatan perkembangan berjalan maupun bicara, Perkembangan responden sebagian besar adalah sesuai dengan usia Kata kunci: PAUD, Play Group

Referensi

Apriana, R. 2009. Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia

Dini Prasekolah di Kelurahan

Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik. Universitas

Diponegoro Semarang.

Arikunto & Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Christiari., Syamlan., & Kusuma. 2013. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang

Stimulasi Dini dengan

Perkembangan Motorik pada Anak Usia 6-24 Bulan di Kecamatan Mayang Kabupaten Jember.

Universitas Jember.

Depkes. 2006. Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta:

Direktorat Departemen Kesehatan.

Desmita. 2006. Psikologi Perkembangan.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dikti. 2010. Naskah Akademik dan RambuRambu Penyelenggaraan PG PAUD. Jakarta: Dierktorat Jendral Pendidikan.

Fatimah,E. 2010. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik.

Jakarta: Pustaka Setia.

Hasinuddin, M. 2010. Modul Anticipatory Guidance terhadap Perubahan Pola Asuh Orangtua yang Otoriter dalam Stimulasi Perkembangan Anak. Madura: Stikes Ngudi Husada Madura.

Irmawati. 2007. Analisa Hubungan Fungsi Manajemen Pelaksanaan Kegiatan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) dengan Cakupan SDIDTK Balita dan Anak Pra Sekolah di Puskesmas Kota Semarang.

Universitas Diponegoro Semarang.

Kania, N. 2010. Stimulasi Tumbuh Kembang Anak untuk Mencapai Tumbuh Kembang yang Optimal.

Komara, Yulianti., Budhi., Wahyuningsih., & Ester. 2009. Buku Ajar

Keperawatan Pediatrik Volume 2. In Wong., Hockenberry., Wilson., Winkelstein., & Schwartz (Eds).

Jakarta: EGC.

Maryatun & Hayati. 2010. Pengembangan Program Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2009. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan, Jakarta: Salemba Medika.

Nuryanto, A. 2007. Statistika untuk Penelitian. In Sugiono. (Ed).

Bandung: Alfabeta.

Saadah & Nurlailis. 2010. Pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE) Terhadap Perkembangan Anak Usia Todlerdi Posyandu II Dukuh

Sungwi Desa Sugihwaras

Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan. Jurnal Penelitian KesehatanSuaraForkies.

Sari, Pohan & Sobirun. 2012. Hubungan Antara Komunikasi Dalam Keluarga dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Pra Sekolah di TK Tunas Rimba Mranggen

Demak. STIKes Telogorejo.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenada Media Group.

Suyanto, S. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:

Hikayat.

Werdiningsih, A. 2012. Peran Ibu dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak terhadap Perkembangan Anak Usia Prasekolah. STIKes RS Baptis

Kediri.

Wibowo, A. 2012. Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter di Usia Emas).

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari. 2009. Perbedaan Kematangan Sosial Anak Ditinjau Dari Keikutsertaan Pendidikan Prasekolah (Playgroup). Universitas Muhammadiyah

Surakarta.

Yusuf, S. 2011. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2013-07-27