Motivasi Belajar dan Status Gizi terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Hotmaria Julia Dolok Saribu STIKES Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

motivasi belajar, status gizi, sekolah dasar

Abstrak

Pengerdilan, atau kekurangan gizi kronis merupakan meningkatnya masalah kesehatan masyarakat yang ditimbulkan oleh beban ganda gizi buruk dan kelebihan berat badan. Rendahnya mutu sumber daya manusia Indonesia, salah satu tandanya dapat dilihat dari tingkat HDI (Human Development Indeks). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan status gizi dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan menggunakan pendekatan cross sectional dimana tiap subjek penelitian dilakukan satu kali pengumpulan data pada satu saat. Populasi penelitian ini adalah SD 006 Kampung Bugis Tamjungpinang Kota, yang berjumlah 111 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 006 Kampung Bugis Tanjungpinang Kota, kelas 3, 4 dan 5 dengan jumlah 55 siswa.Untuk mengetahui motivasi belajar siswa alat ukur yang digunakan berupa kuesioner dan Untuk mengetahui status gizi siswa, instrument penelitian atau alat ukur yang di gunakan adalah timbangan injak dan mikrotoise.Analisa bivariat dilakukan untuk mencari hubungan antara data variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat yang dilakukan dengan uji chi-square yaitu uji statistik yang digunakan untuk menguji signifikasi dua variabel. Untuk melihat hubungan antara dua variable dilakukan uji Chi Square dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil analisis statistik dengan uji Chi-Square untuk motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa menunjukkan bahwa Ho ditolak dengan hasil p=0,001 (p<0,005), sedangkan uji Chi-Square untuk status gizi siswa terhadap prestasi belajar siswa juga menunjukkan bahwa Ho ditolak dengan hasil p=0,001 (p<0,005). 

 

Referensi

Achmad, 2000. Penuntasan Masalah Gizi Kurang Gizi In Widya, Karya Nasional, Pangan Dan Gizi V. Jakarta : Lembaga Ilmu

Pengetahuan Indonesia.

Ali, Zaidin. 2010. Pengantar Metode Statistik

Untuk Keperawatan. Jakarta : TIM

Almatsier, Sunita. 2003. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : EGC

Anni, Catherina, Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang : IKKP Semarang Press

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Aziz Alimul Hidayat. 2009. Metode

Penelitian Keperawatan Dan Teknik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika.

Dinkes, Kota Tanjungpinang. 2010. Data Tidak dipublikasi.

Hamalik, Oemar. 2006. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Hamzah. 2010. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Analisis Di Bidang Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.

Kartasapoetra, H. Marsetyo, Drs. Med. Ilmu Gizi, Korelasi Gizi, Kesehatan Dan Produktivitas Kerja. Jakarta : Rineka cipta

Muachji. 2003. Ilmu Gizi 2. Jakarta : Papas Sinar Siinanti.

Notoatmodjo, seokidjo. 2010. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nur salam. 2003. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Proverawati, Atikah dan Erna Kusuma Wati. 2010. Ilmu Gizi Untuk Keperawatan

Dan Gizi Kesehatan. Yogyakarta : Ruha Medika.

Seharjo. 2003. Berbagai Cara Pendidikan Gizi. Jakarta : Bumi Aksara

Sekolah Dasar Negeri 006 Kampung Madong Tanjungpinang Kota. 2010. Data Tidak Dipublikasikan.

Setiadi. 2007. Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan.Yogyakarta : Garaha Ilmu

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rhineka Cipta

Soekirman. 2000. Ilmu Gizi Dan Aplikasinya Untuk Keluarga Dan Masyarakat. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional.

Sondang P Siagian. 2004. Teori Motivasi Dan

Aplikasinya. Jakarta : Rhineka Cipta

Supriasa, I Dewa Nyaman, Bachtyar Bakri dan Ibnu Fajar. 2002. Penilaian status Gizi. Jakarta : EGC

Syah, Muhibbin, 2001. Psikologi Belajar. Jakarta : Bumi Aksara

Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja

Rosdakarya.

Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja

Rosdakarya.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta

: PT Gramedia Widiasarana

Indonesia

Winardi. 2008. Motivasi Dan Pemotivasian Dalam Manajemen. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Winkel, WS. 2005. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi

Psikologi Pengajaran. Yogyakarta :

Media Abadi

Zaidin Ali. 2002. Pengantar Metode Statistik Untuk Keperawatan. Jakarta : Trans Info Media.

Indonesia Nutrition Network Gizi.Net (2011). Umur Makin Tinggi : Anak Kurus dan Gemuk Menurun, Anak Gizi Kurang dan Anak Pendek

Meningkat?.http://gizi.net/2011/01/ umur-makin-tinggi-anak-kurusdan-gemuk-menurun-anak-gizikurang-dan-anak-pendekmeningkat/. On Line: 18 Mei 2011. Jam 15.29 WIB.

Andewi. Gizinet.com (2011). CFC PENATALAKSANAAN GIZI BURUK DI

MASYARAKAT.http://www.gizikia. depkes.go.id/archives/816. On Line: 1 Juni 2011. Jam 19.38 WIB

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jendral. Bina Gizi Dan KIA. (2011) Hari Gizi Nasional 2011.

.http://www.gizikia.depkes.go.id/ar chives/593/img_5839. On Line: 7 jani 2011. Jam 16.34 WIB.

World Heald Organization. WHO, Ahli Gizi Mengambil Tindakan Terhadap Kekurangan

Gizihttp://www.who.int/nutrition/. On Line: 7 jani 2011. Jam 16.40 WIB.

Nuria Muliani. 2009. Hubungan Antara Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Buyut Udik,

Kecamatan Gunung Sugih, Lampung Tengah. Skripsi. FKUGM. Yogyakarta.

Supartini. 2008. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasilbelajar Siswa Di Smk Al – Hidayah Ijakarta Selatan. Skripsi. STKIP-PURNAMA,

Jakarta

Unduhan

Diterbitkan

2013-01-30