Hubungan Komunikasi Terapeutik Keperawatan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit

Authors

  • Ikha Rahardiantini STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
  • Sefti Indah Ayu STIKES Hang Tuah Tanjungpinang

Keywords:

Komunikasi Terapeutik Perawat, Kepuasan Pasien

Abstract

Komunikasi terapeutik adalah kemampuan atau keterampilan perawat untuk membantu klien beradaptasi terhadap stres, mengatasi gangguan psikologis, dan belajar bagaimana berhubungan dengan orang lain”. survey awal peneliti lakukan di instalasi rawat inap selama 4 (empat) hari terhadap 20 pasien diantaranya 60% pasien/keluarga merasa tidak puas terhadap komunikasi yang dilakukan perawat. Tujuan penelitian ini adalah Diketahuinya Hubungan Komunikasi Terapeutik Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Uban Tahun 2010. Penelitian ini dengan menggunakan survey deskriptif secara cross sectional. Sampel diambil secara total sampling berjumlah 30 orang Data primer diperoleh dari wawancara dan kuesioner. Variabel  Indenpenden pada penelitian ini adalah  komunikasi terapeutik dan variable dependen adalah kepuasan pasien. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata komunikasi verbal perawat di instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Uban Tahun 2010 dengan kategori tidak baik (56,7%). Begitu juga dengan komunikasi non verbal perawat dengan kategori tidak baik (53.3%), sehingga menyebabkan pasien merasa tidak puas yaitu 56.7%. Berdasarkan hasil uji statitik chi-squere dengan α 0.05 didapatkan adanya hubungan antara komunikasi verbal dan non verbal perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Uban Tahun 2010.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.

Arwani. 2003, Komunikasi Dalam Keperawatan, Jakarta : EGC.

Hastono, Priyo, Sutanto.2006, Basic Data Analysis For Health Research Training, Jakarta : Salemba Medika.

Hidayat, Alimul, Aziz. 2008, Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data, Jakarta : Salemba Medika.

Hidayat, Alimul, Aziz. 2003, Riset Keperawatan dan Tehnik Penulisan Ilmiah, Jakarta : Salemba Medika.

http://blogkesmas.blogspot.com/2010/11/pen yusunanindikator-kepuasan pasien.html. online tanggal 13

November 2010 jam 23.45 http://sudiryoblog.blogspot.com/2009/07/ko munikasi-therapeutik-padaklien.html. online tanggal 13 November 2010 jam 23.45

Indrawati, 2003, Pengantar Ilmu Komunikasi Terapeutik, Jakarta : Intisari.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2002, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam, 2007, Manajemen Keperawatan, Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam, 2008, Konsep dan Penerapan Metedologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Jakarta : Salemba Medika.

Potter & Perry, 2005, Fundamental Keperawatan, Edisi 4, Jakarta : EGC.

Sugiyono, Pengolahan Data Statistik. Alfabet. Bandung. 2002.

Published

2012-01-26