Penggunaan Grammarly untuk Penulisan Artikel Bahasa Inggris Dosen Stikes Hangtuah Tanjungpinang

Penulis

  • Umu Fadhilah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

Aplikasi Grammarly, Menulis, Artikel Bahasa Inggris

Abstrak

Menulis artikel ilmiah saat ini merupakan suatu keharusan terutama bagi para dosen di seluruh perguruan tinggi  untuk  meningkatkan karir , pangkat, jabatan  dan tuntutan kinerja yang harus dilakuakan untuk memenuhi Tri Darma Perguruan Tinggi. Bagi sebagian dosen terutama dosen Stikes Hangtuah Tanjungpinang menulis artikel ilmiah merupakan suatu kegiatan yang tidak mudah memerlukan waktu, kemampuan yang baik dalam segi tata bahasa, pemilihan kata dan juga pengetahuan yang luas, terutama jika penelitian tersebut menggunakan bahasa Inggris. Menulis artikel menggunakan Bahasa inggris masih menjadi kendala utama bagi dosen Stikes Hangtuah Tanjungpinang. Kesulitan saat ini masih terkendala dengan penguasaan bahasa dan tata bahasa. Salah satu pemecahan masalahnya tersebut dengan menerapkan aplikasi Grammarly dalam proses menulis artikel Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan dosen terhadap penggunaan aplikasi Grammmarly dalam menulis artikel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Subjek penelitian adalah dosen Stikes HangTuah Tanjungpinang. Data penelitian menggunakan aplikasi grammarly yang digunakan dalam proses menulis artikel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek penelitian menunjukkan respons yang positif terhadap penggunaan Grammarly. Responden menilai bahwa aplikasi Grammarly ini tidak hanya membantu mereka dalam mengidentifikasi letak kesalahan dan mengoreksi kesalahan yang ada dalam teks mereka, tetapi juga  dapat memberikan penilaian secara otomatis mengenai kemampuan dosen  menulis artikel dalam Bahasa Inggris. 

Referensi

Abdullah, M. (2004). Menembus Jurnal Ilmiah Nasional dan Internasional. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama

Afianti Y, dkk. (2016). Penulisan artikel Ilmiah untuk Bidang keperawatan dan

Kesehatan persiapan hingga publikasi Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yulianti, E. (2018). Utilizing Grammarly in Teaching Writing Recount Text Through Genre Based Approach. International Journal of Science, Technology and Society, 6(1), 1– https://doi.org/10.11648/j.ijsts.2018

Pujiawati, N. I. A. (2018). Mengintegrasikan Automatic Grammar Checker, 6, 1–11.

http://journal.unsika.ac.id/index.php

/judika

Cavaleri, M., & Dianati, S. (2016). You want me to check your grammar again? The usefulness of an online grammar checker as perceived by students. Journal of Academic Language & Learning, 10(1), 223–236. Retrieved from

http://www.journal.aall.org.au/index

.php/jall/article/viewFile/393/246

Schraudner, M. (2014). The online teachers assistant: using automated correction programs to supplement learning and lesson planning. CELE Journal, 22, 128– 140.

Hariyanto. (2007). A Study on the Correlation between Grammar Mastery, Indirect Learning

Strategies and Reading Ability of the Second Grade Students of SMK Batik

Surakarta. Skripsi. Surakarta:UNS

Lukman (2016) Pemanfaatan teknologi informasi dalam penulisan artikel

Ilmiah. PDII-LIPI

Safraz, S. 2011. Error Analysis of the Written English Essays of Pakistani. Pakistan: AST-National University of Computer and Emerging Sciences.

Pawito (2007) Penelitian komunikasi

kualitatif. Yogyakarta LKis Pelangi

Aksara.

Pujiawati, N. I. A. (2018). Mengintegrasikan Automatic Grammar Checker. 6, 1–11. 0601.11

www.hafizlubis.com/2015/12/grammarly

-aplikasi-penting-untuk_27.html

www.grammarly.com/grammar/che

ck

McAlexander, P. J. (2000). Checking the Grammar Checker: Intergrating Grammar Instruction with Writing. Journal of Basic Writing Vol. 19 No.2

P

Unduhan

Diterbitkan

2018-07-29