Penggunaan Grammarly untuk Penulisan Artikel Bahasa Inggris Dosen Stikes Hangtuah Tanjungpinang
Keywords:
Aplikasi Grammarly, Menulis, Artikel Bahasa InggrisAbstract
Menulis artikel ilmiah saat ini merupakan suatu keharusan terutama bagi para dosen di seluruh perguruan tinggi untuk meningkatkan karir , pangkat, jabatan dan tuntutan kinerja yang harus dilakuakan untuk memenuhi Tri Darma Perguruan Tinggi. Bagi sebagian dosen terutama dosen Stikes Hangtuah Tanjungpinang menulis artikel ilmiah merupakan suatu kegiatan yang tidak mudah memerlukan waktu, kemampuan yang baik dalam segi tata bahasa, pemilihan kata dan juga pengetahuan yang luas, terutama jika penelitian tersebut menggunakan bahasa Inggris. Menulis artikel menggunakan Bahasa inggris masih menjadi kendala utama bagi dosen Stikes Hangtuah Tanjungpinang. Kesulitan saat ini masih terkendala dengan penguasaan bahasa dan tata bahasa. Salah satu pemecahan masalahnya tersebut dengan menerapkan aplikasi Grammarly dalam proses menulis artikel Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan dosen terhadap penggunaan aplikasi Grammmarly dalam menulis artikel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Subjek penelitian adalah dosen Stikes HangTuah Tanjungpinang. Data penelitian menggunakan aplikasi grammarly yang digunakan dalam proses menulis artikel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek penelitian menunjukkan respons yang positif terhadap penggunaan Grammarly. Responden menilai bahwa aplikasi Grammarly ini tidak hanya membantu mereka dalam mengidentifikasi letak kesalahan dan mengoreksi kesalahan yang ada dalam teks mereka, tetapi juga dapat memberikan penilaian secara otomatis mengenai kemampuan dosen menulis artikel dalam Bahasa Inggris.
References
Abdullah, M. (2004). Menembus Jurnal Ilmiah Nasional dan Internasional. Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama
Afianti Y, dkk. (2016). Penulisan artikel Ilmiah untuk Bidang keperawatan dan
Kesehatan persiapan hingga publikasi Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Yulianti, E. (2018). Utilizing Grammarly in Teaching Writing Recount Text Through Genre Based Approach. International Journal of Science, Technology and Society, 6(1), 1– https://doi.org/10.11648/j.ijsts.2018
Pujiawati, N. I. A. (2018). Mengintegrasikan Automatic Grammar Checker, 6, 1–11.
http://journal.unsika.ac.id/index.php
/judika
Cavaleri, M., & Dianati, S. (2016). You want me to check your grammar again? The usefulness of an online grammar checker as perceived by students. Journal of Academic Language & Learning, 10(1), 223–236. Retrieved from
http://www.journal.aall.org.au/index
.php/jall/article/viewFile/393/246
Schraudner, M. (2014). The online teachers assistant: using automated correction programs to supplement learning and lesson planning. CELE Journal, 22, 128– 140.
Hariyanto. (2007). A Study on the Correlation between Grammar Mastery, Indirect Learning
Strategies and Reading Ability of the Second Grade Students of SMK Batik
Surakarta. Skripsi. Surakarta:UNS
Lukman (2016) Pemanfaatan teknologi informasi dalam penulisan artikel
Ilmiah. PDII-LIPI
Safraz, S. 2011. Error Analysis of the Written English Essays of Pakistani. Pakistan: AST-National University of Computer and Emerging Sciences.
Pawito (2007) Penelitian komunikasi
kualitatif. Yogyakarta LKis Pelangi
Aksara.
Pujiawati, N. I. A. (2018). Mengintegrasikan Automatic Grammar Checker. 6, 1–11. 0601.11
www.hafizlubis.com/2015/12/grammarly
-aplikasi-penting-untuk_27.html
www.grammarly.com/grammar/che
ck
McAlexander, P. J. (2000). Checking the Grammar Checker: Intergrating Grammar Instruction with Writing. Journal of Basic Writing Vol. 19 No.2
P
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Umu Fadhilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.