Efektifitas Brisk Walking Exercise untuk Menurunkan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi di Rumkital Dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang

Penulis

  • Meily Nirnasari STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
  • Liza Wati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang
  • Sri Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

Tekanan Darah, Hipertensi, Brisk Walking Exercise

Abstrak

Hipertensi dianggap penyakit yang serius karena dampak yang ditimbulkan sangat luas, bahkan dapat berakhir pada kematian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efektifitas Brisk Walking Exercise terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi di Rumkital Dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan Quasy Experiment Design (eksperimen semu) menggunakan rancangan Pre-test and Post-test Group Without Control. Jumlah sampel berjumlah 13 orang penderita Hipertensi. Responden melakukan Brisk Walking Exercise selama 30 menit dengan jarak 1-2 km. Dilakukan dua minggu sebanyak 6x, dilakukan 3x dalam seminggu dan dievaluasi akhir pada hari ke enam. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data analisis dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon didapatkan nilai sig 0,01 artinya terlihat perbedaan tekanan darah sebelum dan sesudah dengan uji statistik p value < 0,005. Kesimpulan  pada penelitian didapatkan ada pengaruh Brisk Walking Exercise terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi di Rumkital Midiyato Suratani Tanjungpinang. Dengan demikian peneliti merekomendasikan agar Rumah Sakit dapat memasukkan intervensi keperawatan brisk walking exercise sebagai salah satu latihan untuk membantu menurunkan tekanan darah pada pasien Pre Hipertensi dan Hipertensi stadium satu.  

Referensi

Apriyanti, Maya. 2015. Meracik Sendiri Obat dan Menu Sehat Bagi Penderita Darah Tinggi, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Bell, Kayce., Twiggs, June, and Olin, Bernie R. 2015. Hypertension: The Silent Killer: Updated JNC-8 Guideline

Recommendation. Alabama Pharmacy Association, Summer 2015: Continuing Education. diakses dari: www.sciencedomain.org. Tanggal: 25 Februari 2020 pukul 13:50 WIB.

Dahlan, Muhammad Sopiyudin. (2015). Statistik Untuk Kedokteram dan Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika

Dharma, Kelana Kusuma. 2011. Metodologi Penelitian Keperawatan (Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian), Jakarta: Trans Info Media.

Dosen Keperawatan Medikal-bedah Indonesia (2016) Rencana Asuhan Keperawatan Medikal-Bedah, Jakarta : EGC Kedokteran

Herlambang. (2013). Menaklukkan Hipertensi dan Diabetes. Jakarta Selatan: Tugu Publisher MA, W., & Schiffrin, E.0(2014).

Clinical Practice Guidelines for the Management of Hypertension in the Community: A Statement by The American Society of Hypertension and The International Society of hypertension, 32(162).

Davis. A. (2010). Journal of Research in Science Teaching.Wiley Subscription Services, Inc., A Wiley Company.

Lingga, Lanny. 2012. Bebas Hipertensi Tanpa Obat, Jakarta: Agro Media Pustaka.

Menurut Sukarmin dkk dari hasil penelitiannya bahwa adanya perbedaan yang signifikan dalam tekanan darah sistolik dan diastolik pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah dilakukan Brisk Walking Exercise (Sukarmin dkk, 2014:38).

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Noviyanti. 2015. Hipertensi Kenali, Cegah, dan Obati, Yogyakarta: Notebook

Nurrahmani, U., Kurniadi, H. 2014. Stop! Gejala Penyakit Jantung Koroner, Kolesterol Tinggi, Diabetes Melitus, Hipertensi. Istana Medika. Yogyakarta.

Pinzon, R., Asanti, L. (2010). Awas Stroke! Pengertian, Gejala, Tindakan, Perawatan, dan Pencegahan. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Prasetyo Bambaang & Jannah M.L (2013). Metode Penelitian Kuantitaif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudarmoko, Arief. 2015. Sehat Tanpa Hipertensi, Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.

Soeryoko, Hery. 2010. 20 Tanaman Obat Terpopuler Penurun Hipertensi, Yogyakarta: Andi.

Susilo, Yekti dan Wulandari, Ari. 2011. Cara Jitu Mengatasi Hipertensi, Yogyakarta: Andi.

Sukarmin, Nurrachmah, E., Gayatri, D. 2013. Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Melalui Brisk Walking Exercise. Jurnal Keperawatan Indonesia, 16 (1): 3339.

Udjianti, Wajan Juni. 2010. Keperawatan Kardiovaskular, Jakarta: Salemba Medika.

Unduhan

Diterbitkan

2021-01-27