Efektifitas Pijat Bayi pada Peningkatan Berat Badan Neonatus

Penulis

  • Meily Nirnasari STIKES Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

pijat bayi, pada neonates Peningkatan Berat Badan Bayi

Abstrak

Pijat merupakan salah satu bentuk terapi sentuh yang berfungsi sebagai salah satu teknik pengobatan penting yang sudah dikenal sejak lama. Melalui sentuhan pemijatan terhadap jaringan otot peredaran darah dapat meningkatkan jaringan otot ataupun posisi otot dapat dipulihkan dan diperbaiki sehingga dapat meningkatkan fungsi-fungsi organ tubuh dengan sebaik-baiknya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Pijat Bayi Pada Peningkatan Berat Badan Neonatus IRNA Cempaka RSUD. Penelitian ini menggunkan desain eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian ini adalah Pre and Post Test With Control. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik total sampling. sampel dalam penelitian di adalah 30 responden 15 kelompok perlakuan 15 kelompok control pada kelompok perlakuan diberi intervensi selama 3x15 menit sehari selama 10 hari. Pada penelitian ini, analisis bivariat dilakukan dengan menggunakan uji Independent Samples T Test hasil penelitian dengan Independent Samples T Test dapat dilihat nilai ρ Value diperoleh adalah 0,000. Kesimpulannya adalah 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya bahwa ada perbedaan rata-rata (mean) peningkatan berat badan bayi antara kelompok eksperimen dengan rata-rata (mean) peningkatan berat badan bayi kelompok kontrol.

Referensi

Bobak, I. M., Lowdermilk, D. L., & Jensen, M. D. (2004). Buku ajar keperawatan maternitas. Jakarta: EGC.

Burn, N., & Grove, S. K. (2005). The practice of nursing research: conduct, critique, and utilization. Missouri: Elsevier Saunders.

Hidayat, A, A. (2010). Metode penelitian kebidanan dan teknik analisa data. Jakarta: Salemba Medika.

Kell, P. (2010). Buku saku asuhan neonatus dan bayi. Jakarta : EGC.

Maharani, S. (2009). Pijat dan senam sehat untuk bayi. Yogyakarta: Kata Hati.

Notoatmodjo, S. (2005). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2008). Konsep dan penerapan metodelogi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam, dkk. (2005). Asuhan keperawatan bayi dan anak untuk perawat dan bidan. Jakarta : Salemba Medika.

Prasetyo. (2009). Teknik - teknik tepat memijat bayi sendiri panduan lengkap dan uraian kemanfaatannya. Yogyakarta : Diva Press.

Prawirohardjo, S. (2007). Buku acuan nasional pelayanan kesehatan maternal dan neonatal. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka.

Purnamasari, D. (2011). Panduan pijat praktis balita anda agar cerdas dan sehat. Yogyakarta: Pustaka Salomon.

Putri, A. (2009). Pijat dan senam untuk bayi dan balita panduan praktis memijat bayi dan balita. Yogyakarta: Brilliant Offset.

Roesli, M. (2010). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Sobur, Alex, 2009. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif. Bandung: Alfa Beta Peter, S, I. (2002). Pijat refleksi untuk anak. Jakarta: Puspa Swara.

Unduhan

Diterbitkan

2021-01-27