Pengaruh Metode Role Playing terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi S1 Keperawatan pada Pembelajaran Laboratorium Keperawatan Jiwa

Penulis

  • Nur Meity Sulistia Ayu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang
  • Ernawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang
  • Safra Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang
  • yunita Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang

Kata Kunci:

Role Playing, Mahasiswa, Motivasi

Abstrak

Proses pembelajaran yang diberikan seorang pendidik tidaklah semudah yang kita bayangkan. Seorang pendidik harus memiliki kiat-kiat dalam melaksanakan tugasnya demi tercapainya proses belajar mengajar yang sempurna. Pendidik sebaiknya menggunakan strategi pembelajaran yang tepat, yaitu dengan pemilihan model pembelajaran, pendekatan dan metode pembelajaran yang berarti. Salah satu metode yang ingin di terapkan dalam pembelajaran keperawatan jiwa ini adalah role playing dimana mahasiswa berperan aktif mendramatisasikan cara bertingkah laku orang-orang tertentu dalam posisi yang membedakan peranan masing-masing dalam suatu organisasi atau kelompok di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap peningkatan motivasi belajar pada laboratorium keperawatan jiwa mahasiswa Program studi s1 keperawatan Stikes Hang Tuah Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain kuasi eksperimen dengan mengambil sampel sebanyak 49 mahasiswa tingkat IV Prodi S1 Stikes Hang Tuah yang mengikuti metode ini dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang di gunakan adalah kuesioner motovasi yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Analisis yang digunakan adalah uji Mc Nemar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode role playing dengan motivasi belajar mahasiswa di laboratorium keperawatan jiwa STIKES Hang Tuah Tanjungpinang.

Referensi

Alimul, H.A.(2007).Riset keperawatan dan teknik penulisan ilmiah. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

Analisis data kesehatan. Depok : FKM UI.

Bloom, Benjamin S (1982). Human Characteristics and School Learning. New York : McGrawHill Book Company.

Boediono & Abbas Ghozali, (2009). Faktor-faktor yang mempengaruhi Mutu Pendidikan : Pendekatan Fungsi Produksi Pendidikan, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun ke 5 No 020, Desember 1999,p.6. Jakarta: balitbang Diknas, 1999).

Coffey, et al, (2005). Behavior in Organization. A Multidimensional View, Second edition. New Jersey:Prentice-Hall, Inc Englewood Cliffs.

Creswel, J.W.(2009).Research design:Quantitative, qualitative and mixed methods approacher. 3rd edition. California : SAFE Publication.

Dahlan, S. (2009). Langkah-langkah membuat proposal penelitian bidang kedokteran dan kesehatan. Jakarta ; Sagung Seto.

Deaux, K & Wrightsman, L.S. (2008). Social Psychology. California : Pacific grovebooks/Cole Publishing company.

Dharma, K.K.(2011). Metodologi penelitian

keperawatan. Jakarta : CV.Trans Info Medika.

Gagne, R.M, (2007). The conditions of learning, New York : Holt Raneheart and Wilson.

Gagne, Robert, M., dan Leslie J. Briggs, (2009). Principles of Instructional Design, New York : Rineheart and Winston.

Gistituati, N. (2002). Model pembelajaran yang efektif dalam pendidikan kewarganegaraan, Buletin Pembelajaran, Nomor 01/Tahun 25, Edisi Maret 20012, Universitas Negeri Padang.

Haditono, Siti Rahayu, (2009). Achievement Motivation, Parents Educational Level and

Child Rearing Practice in Four Occupational Groups, makalah, Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.

Hastono, S.P. (2007).

Hudgin, Bice B et al, (2003). Educational Psychology. New York : P.E. Peacock

Publisher, Inc.

Jamaris, Martini, (2004), Proses pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan aktualisasi kognitif tingkat tinggi, Jurnal ilmu pendidikan “parameter”, Nomor 19 Tahun XXI, Agustus 2004, Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, halaman 67101.

Joni, Raka T, (2000). Strategi belajar mengajar : suatu tinjauan pengantar, Proyek P3G. Jakarta : Depdikbud.

Joyce, Bruce, Marsha Weil & Beverly Showers, (2002). Models of teaching. Boston : Allyn and Bacon.

Kiswoyo, Samidjo Broto, (2005). Model pmbelajaran IPS, Proyek PGSD, Jakarta : Depdikbud.

Kretch, David, et al, (2002). Individual in society. London : McGraw-Hill Book Company,

Inc.

Munandir, (2007). Rancangan sistem pengajaran, P2LPTK. Jakarta : Depdikbud.

Sastroasmoro, S., & Ismael, S.(2010). Dasardasar metodologi penelitian klinis. 3rd edition. Jakarta : Sagung Seto.

Wiyono, Bambang, B, (2003). Hubungan Lingkungan Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa, Forum Penelitian, Jurnal Teori dan Praktik Penelitian, Tahun 15 Nomor 1, Juni 2003, Malang : Universitas Negeri Malang, Halaman 28-36

Unduhan

Diterbitkan

2021-01-27